Definisi Ethernet, Komponen dan Cara Kerjanya

Dalam jaringan internet, Anda akan menemukan istilah ethernet. Apa itu Ethernet? Berikut inilah definisi, penggunaan, dan komponennya.

Untuk berkomunikasi satu sama lain, beberapa perangkat dalam jaringan harus terhubung. Biasanya, komunikasi antar jaringan ini dilakukan dengan menggunakan WiFi (koneksi nirkabel) atau Ethernet (kabel yang dicolokkan ke komputer).

Definisi Ethernet
Ethernet

Berikut ini akan kami jelaskan dengan lengkap tentang ethernet, seperti apa penggunaannya, dan beberapa hal lain yang terkait.

Apa itu Ethernet dan Fungsinya?

Ethernet adalah teknologi untuk menghubungkan perangkat dalam jaringan Local Area Network (LAN), atau jaringan yang cakupan area lebih luas. Fungsinya menghubungkan komputer secara bersamaan dengan kabel sehingga komputer dapat berbagi informasi.

Sistem yang menggunakan komunikasi ethernet membagi datanya ke dalam paket-paket, yang juga dikenal sebagai frame.

Frame ini selanjutnya berisi alamat sumber dan tujuan, suatu mekanisme yang digunakan untuk mendeteksi kesalahan dalam permintaan data dan pengiriman ulang.

Dalam setiap cabang utama jaringan, ethernet dapat menghubungkan hingga 1.024 komputer pribadi (PC) dan stasiun kerja (work station).

Ethernet pertama ditemukan pada tahun 1973 oleh sebuah tim di Xerox Corporation’s Palo Alto Research Center (Xerox PARC) di California.

Bagaimana Cara Kerja Ethernet?

Protokol ethernet bekerja di dalam lapisan fisik atau physical layer (layer 1) dan lapisan tautan data atau data link layer (layer 2) pada model protokol layer Opens System Interconnection (OSI).

Lapisan fisik adalah lapisan aplikasi, memungkinkan Anda untuk mengunduh data dari browser. Saat Anda memasukkan kueri di browser, ini akan diteruskan ke lapisan berikutnya.

Permintaan ini datang dalam bentuk yang disebut paket data. Paket ini menyimpan data tentang alamat web. Informasi ini kemudian dikirim melalui 7 layer secara bolak-balik, dibongkar dan dikemas.

Singkatnya, Ethernet menangani apa yang terjadi pada paket di lapisan 1 dan 2.

Cara Kerja Ethernet
Cara Kerja Ethernet (datacottage.com)

Berapa Kecepatan Ethernet?

Ethernet tradisional memiliki kecepatan 10 Mbps. Kemudian ada Fast Ethernet yang memiliki kecepatan 100 Mbps. Dengan semakin majunya teknologi, saat ini muncul Gigabit Ethernet yang mendukung kecepatan hingga 1.000 Mbps.

Dan yang sedang dalam pengembangan adalah 10 Gigabit Ethernet dengan kecepatan hingga 10.000 Mbps.

Apakah Ethernet Menggunakan Kabel?

Untuk menggunakan jaringan internet ataupun intranet menggunakan ethernet, tentu saja pengguna membutuhkan kabel ethernet. Tanpa kabel ethernet, maka istilahnya akan menjadi wireless LAN atau koneksi nirkabel.

Apakah Ethernet Cepat?

Ethernet bisa dikatakan lebih cepat jika dibandingkan dengan teknologi nirkabel (WLAN). Ethernet beresiko lebih rendah terhadap gangguan, dan juga dapat menawarkan tingkat keamanan dan kontrol jaringan yang lebih besar.

Tanpa gangguan, koneksi internet cenderung tidak mengalami pelambatan, pemutusan, atau koneksi terputus-putus.

Baca juga: Apa Itu Bottleneck Pada Komputer dan Jaringan?

Komponen Ethernet

Ada tiga bagian utama dari perangkat keras Ethernet: ethernet card, kabel Ethernet, dan Ethernet hub.

Ethernet Card

Ethernet Card
Ethernet Card atau LAN Card

Ethernet card adalah komponen yang dipasang di setiap komputer yang terhubung ke jaringan melalui kabel Ethernet yang digunakan komputer untuk mengirim dan menerima paket data di seluruh jaringan dan Internet.

Pada komputer dan laptop, ethernet card biasanya terpasang pada motherboard.

Kabel Ethernet

Kabel Ethernet
Kabel Ethernet

Kabel Ethernet berisi beberapa kabel yang memungkinkan transfer data dua arah antar komputer. Kabel ini bisa datang dalam beberapa jenis yaitu

  • CAT5: mendukung Ethernet tradisional dan Fast Ethernet
  • CAT5e dan CAT6: masing-masing dapat menangani Gigabit dan 10 Gigabit Ethernet.

Ada tiga jenis kabel yang biasa digunakan untuk pemasangan kabel Ethernet: kabel koaksial, kabel twisted pair, dan kabel serat optik (fiber-optic).

Apakah kabel LAN sama dengan Ethernet?

Kabel LAN dan kabel ethernet adalah hal yang sama. Beberapa orang juga menyebutnya sebagai kabel jaringan.

Ethernet Hub

Ethernet Hub
Ethernet Hub

Digunakan oleh jaringan untuk mengarahkan data intra-komputer melintasi jaringan sehingga komputer yang benar dapat membagikannya dan juga dapat berfungsi sebagai tautan ke Internet.

Apa Perbedaan Dari Internet dan Ethernet?

Perbedaan internet dan ethernet adalah bahwa internet adalah jaringan area luas (WAN) sedangkan Ethernet adalah jaringan area lokal (LAN) .

Internet adalah jaringan global luas yang menghubungkan sejumlah besar perangkat di seluruh dunia, sedangkan Ethernet adalah jaringan yang melayani wilayah geografis kecil.

Kesimpulan

Ethernet adalah teknologi yang membantu menghubungkan dua atau lebih perangkat dalam 1 jaringan skala kecil. Untuk terhubung menggunakan ethernet, dibutuhkan perangkat pendukung seperti ethernet card, kabel LAN, dan hub.

Lulusan Teknik Informatika yang sudah terjun di dunia internet sejak 2002. Memiliki passion dalam dunia teknologi informasi, internet, gadget, dan teknologi pada umumnya.