Hard Disk External Terbaik dan Berkualitas

Agar data dan file penting Anda aman, menyimpan di storage berkualitas tentu sangat bijak. Apa saja hard disk external terbaik saat ini?

Salah satu solusi penyimpanan file adalah menggunakan hard disk external. Inilah beberapa hard disk external terbaik dan berkualitas.

Hard disk external bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang sering bepergian dan membutuhkan akses cepat ke data atau file penting Anda. Flash disk mungkin lebih ringkas namun ukurannya penyimpanan tentu tidak sebesar HDD external.

Tapi saat ini layanan cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox gratis dan mudah diakses? Kenapa masih menggunakan hard disk external?

Meski saat ini layanan penyimpanan online banyak pilihannya, namun ada kalanya dalam kondisi tertentu mungkin kita tidak memiliki akses internet untuk membuka penyimpanan online tersebut tentu membutuhkan media penyimpanan yang cepat untuk diakses.

Belum lagi terkadang kita bisa mengalami kendala seperti akses internet yang lambat atau mengalami gangguan.

Bagaimanapun juga, jika Anda membutuhkan media penyimpanan yang besar dengan akses yang lebih cepat, memiliki HDD external bisa memberikan banyak keuntungan.

Saat ini banyak sekali pilihan HDD external yang bisa dipilih. Harganya sangat bervariasi mulai dari yang ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Namun dari semua produk hard disk external yang ada saat ini, manakah yang terbaik dan memiliki kualitas?

Apa yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Hard Disk External yang Tepat?

Sebelum kami sajikan hard disk external mana saja yang terbaik dan berkualitas, Anda harus tahu apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih HDD external mana yang tepat untuk Anda beli.

Jenis Drive

Jenis drive mempengaruhi beberapa hal seperti kecepatan transfer data dan ketahanan jangka panjang.

Ada tiga jenis utama hard drive yang dapat dipilih:

  • Hard Disk Drive (atau HDD)
  • Solid-State Drive (atau SSD)
  • Non-Volatile Memory Express SSD (atau disingkat NVMe).

Apa perbedaan antara SSD dan HDD? HDD menggunakan disk analog fisik untuk membaca dan menulis data serta yang paling lambat dalam pemrosesan data, tetapi harganya lebih terjangkau. SSD tidak memiliki bagian yang bergerak, lebih hemat daya, dan dapat mentransfer data lebih cepat.

Kecepatan

SSD membaca (read) 10 kali lebih cepat dan menulis (write) hingga 20 kali lebih cepat daripada HDD. Sedangkan SSD NVMe 2 hingga 7 kali lebih cepat dari pada SSD biasa. HDD lebih terkadang lebih berisik, sementara SSD tidak berisik

Ukuran

Drive eksternal sangat populer karena portabilitasnya, tetapi itu tidak berarti setiap drive external berukuran ringkas.

Beberapa di antaranya berukuran sangat besar (terutama HDD). Karena itulah ketika memilih hard drive external, mempertimbangkan ukuran bisa menjadi hal yang sangat penting terutama jika Anda sering membawanya bepergian.

Ukuran Penyimpanan

Berapa banyak penyimpanan yang benar-benar Anda butuhkan? 500GB? 1TB? 5TB? Atau bahkan lebih?

Pastikan Anda memilih yang sesuai kebutuhan. Artinya adalah, berapa budget yang Anda miliki. Semakin besar ukuran penyimpanan hard disk external, harganya juga semakin meningkat.

Ada sesuatu yang harus Anda ketahui bahwa ukuran teknis tidak selalu sesuai seperti kenyataannya. Bagaimanapun juga drive harus mencadangkan sejumlah ruang untuk pemformatan dan proses penting lainnya. Jadi misalnya, drive 1 TB mungkin hanya menyediakan 920GB yang bisa digunakan.

Keamanan

Data atau file Anda tentu saja sangat penting, jadi drive external yang menawarkan fitur keamanan tambahan seperti enkripsi kata sandi sederhana dan fitur keamanan lainnya adalah bonus besar.

Hal ini untuk mengantisipasi orang selain Anda agar tidak bisa mengakses isi hard disk external atau paling apes jika seandainya saja Anda kehilangan drive sehingga orang lain tidak dapat mengaksesnya, maka ini tentu saja sangat berguna.

Daya Tahan

Karena drive external adalah perangkat yang dibuat untuk dibawa bepergian, sudah seharusnya memiliki daya tahan yang sangat baik.

Fitur seperti daya tahan ketika jatuh dari ketinggian tertentu atau fitur anti air tentu saja sangat membantu melindungi data Anda dari ancaman fisik.

Perlindungan air dan debu, khususnya, biasanya diukur dengan skala Ingress Protection (atau peringkat IP) yang memberi tahu Anda dengan tepat seberapa terlindungi perangkat dari elemen-elemen tersebut.

Hard disk external mana yang memenuhi beberapa persyaratan di atas?

Apa Hard Disk External Terbaik?

Tentu saja banyak varian hard disk external dari berbagai merk dan variasi harga. Berikut ini kami berikan beberapa rekomendasi terbaik berdasarkan dari beberapa persyaratan yang disebutkan sebelumnya versi Zonapintar.

1. Samsung X5 Portable SSD

Hard Disk External Terbaik
Samsung X5 Portable SSD (gambar: samsung.com)

Kelebihan:

  • Port Thundebolt 3
  • Penyimpanan NVMe yang cepat
  • Bodi logam
  • Fitur keamanan.

Kekurangan:

  • Relatif mahal.

Drive yang sudah menggunakan NVMe ini menghadirkan kecepatan baca dan tulis secepat kilat (2800MB/dtk dan 2300MB/dtk) melalui Thunderbolt.

Bodi berbahan logam memberikan ketahanan ketika jatuh dari ketinggian dua meter dan ketika terkena percikan air. Anda juga dapat mengaktifkan enkripsi kata sandi untuk keamanan. Build quality yang solid dan premium membuat harga Samsung X5 sangat tinggi.

Dengan port Thunderbolt 3, Samsung X5 mungkin saat ini belum kompatibel dengan beberapa perangkat (belum banyak perangkat yang mengadopsi Thunderbolt 3).

2. LaCie Rugged

Hard Disk External Terbaik
LaCie Rugged (gambar: amazon.com)

Kelebihan:

  • Ada pilihan HDD atau SSD
  • Fitur keamanan
  • Tahan guncangan, debu, dan air.

Kekurangan:

  • Desain kurang menarik.

LaCie Rugged menggunakan bumper tebal di setiap sisi drive sehingga dapat mengatasi segala macam benturan dan jatuh dari ketinggian, dan drive ini juga tahan air seperti kondisi hujan yang deras.

Ada dua versi dari drive ini yaitu HDD dengan kecepatan baca/tulis 130MB/dtk yang harganya lebih terjangkau, dan SSD NVMe dengan kecepatan baca/tulis 1050MB/dtk yang tentunya harga jauh lebih mahal.

Sebagai informasi, untuk versi yang SSD sebenarnya adalah drive merk Seagate Firecuda yang “menyamar” (diberi bumper). SSD ini dikenal karena kecepatan transfernya yang cepat, terutama di komunitas game.

Meski bumber membuatnya nampak aneh dan gemuk, namun LaCie Rugged sangat direkomendasikan jika Anda membutuhkan perangkat tahan banting dan tahan air. Dan yang pasti, LaCie Rugged juga sudah memiliki fitur keamanan password yang terenskripsi.

Untuk versi SSD tersedia dengan tiga pilihan ukuran penyimpanan yaitu 500GB, 1TB, atau 2TB. Sementara untuk versi HDD memiliki empat pilihan mulai dari 1TB hingga 5TB.

3. Western Digital My Book

Hard Disk External Terbaik
Western Digital My Book (gambar: westerndigital.com)

Kelebihan:

  • Varian ukuran penyimpanan besar
  • Fitur keamanan.

Kekurangan:

  • Besar dan berat
  • Membutuhkan daya eksternal.

Western Digital My Book sebenarnya adalah produk drive yang dibuat untuk mencadangkan data, tetapi Anda juga dapat menggunakannya sebagai drive eksternal biasa.

Ukuran dan beratnya menyerupai komputer mini. Kapasitas yang ditawarkan juga sangat mengesankan yaitu mulai dari 3TB hingga 36TB. Lebih dari cukup untuk kebutuhan penyimpanan apa pun yang mungkin Anda miliki.

Kecepatan baca/tulis mencapai 150MB/s. Western Digital My Book juga membutuhkan sumber daya eksternal. Western Digital My Book juga dilengkapi fitur enkripsi dengan kata sandi untuk keamanan data Anda.

Jika Anda membutuhkan external hard drive yang sangat besar ukuran penyimpanannya dan tidak mempermasalah ukuran dan beratnya, Western Digital My Book adalah pilihannya.

4. Seagate Portable External Hard Drive Basic

Hard Disk External Terbaik
Seagate Portable External Hard Drive Basic (gambar: seagate.com)

Kelebihan:

  • Harga lebih terjangkau
  • Banyak variasi ukuran penyimpanan
  • Sleek.

Kekurangan:

  • Tanpa fitur keamanan
  • Relatif cukup lambat.

Karena masih menggunakan HDD, kelemahan utama Seagate Portable External Hard Drive adalah kecepatan baca/tulis yang relatif lambat (140MB/s).

Hard disk external ini sederhana dan tidak menampilkan sesuatu yang mewah. Fiturnya juga standar saja yang hanya digunakan untuk menyimpan file secara external tanpa adanya fitur keamanan khusus membuat harganya juga terjangkau. Variasi ukuran penyimpanan yang ditawarkan adalah 1TB, 2TB, 4TB, dan 5TB.

5. SanDisk Extreme Portable SSD

Hard Disk External Terbaik
SanDisk Extreme Portable SSD (gambar: westerndigital.com)

Kelebihan:

  • Ringkas dan ringan
  • Cepat
  • Tahan guncangan dan air
  • Fitur keamanan.

Kekurangan:

  • Harga relatif mahal.

Jika Anda mencari hard drive external yang ringkas, tangguh dan cepat, maka SanDisk Extreme Portable yang sudah menggunakan SSD NVMe adalah yang Anda inginkan.

Berukuran hanya 3,97 x 2,07 x 0,38 inci (10 x 5 cm), drive external ini dibuat agar pas layaknya gantungan kunci. Meskipun ukurannya kecil, jangan ragukan kesaktiannya, SanDisk Extreme Portable SSD mampu memproses baca/tulis pada masing-masing kecepatan 1050MB/s dan 1000MB/s.

Dan hal lain yang bisa membuat Anda makin tenang adalah durabilitasnya. SanDisk Extreme Portable memiliki sertifikasi IP55 yang tahan terhadap debu dan air serta tahan ketika jatuh dari ketinggian dua meter.

Anda bisa mendapatkan drive ini dengan pilihan penyimpanan 500GB hingga 4TB dan termasuk fitur enkripsi kata sandi untuk memastikan bahwa data aman.

6. Western Digital My Passport

Hard Disk External Terbaik
Western Digital My Passport (gambar: AliExpress)

Kelebihan:

  • Ringkas dan ringan
  • Durabilitas mantap
  • Fitur keamanan.

Kekurangan:

  • Tidak memiliki fitur anti air.

Western Digital adalah nama besar dan sudah ternama di dunia storage. Mereka memiliki banyak varian produk hard drive dalam segala bentuk.

Salah satu produk hard drive external dari Western Digital yang mengagumkan adalah Western Digital My Passport yang sudah menggunakan SSD NVMe.

Western Digital My Passport memiliki kecepatan baca dan tulis masing-masing 1050MB/s dan 1000MB/s, serta ketahanan ketika jatuh dari ketinggian 2 meter dan tentu saja fitur keamanan enkripsi kata sandi untuk menjaga file Anda tetap aman.

Bodinya ramping dan tersedia dalam warna abu-abu, gold, silver, merah, dan biru dengan empat kapasitas ukuran penyimpanan mulai dari 500GB hingga 4TB.

Jika Anda hanya menginginkan drive external yang cepat, aman, dan mudah dibawa bepergian yang muat di saku Anda, Western Digital My Passport adalah pilihan terbaiknya.

Kesimpulan

Kunci utama ketika memilih hard disk external mana yang tepat adalah sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

Memilih drive external yang sudah menggunakan tipe SSD (terutama NVMe) tentu saja memberikan banyak keuntungan terutama dari segi kecepatan transfer datanya.

Jika Anda memiliki budget lebih, kami merekomendasikan SanDisk Extreme Portable SSD yang sudah menggunakan NVME, ukurannya yang ringkas serta fitur penting lain yaitu keamanan dan juga sertifikasi IP55.

Jika budget Anda tipis, Seagate Portable External Hard Drive Basic bisa menjadi pilihan terbaik karena harganya terjangkau dan mampu memenuhi fungsi utama untuk menyimpan file secara external.

Apakah Anda sudah mendapatkan gambaran hard disk external terbaik mana yang akan Anda beli?

Lulusan Teknik Informatika yang sudah terjun di dunia internet sejak 2002. Memiliki passion dalam dunia teknologi informasi, internet, gadget, dan teknologi pada umumnya.

Tinggalkan komentar