Penyebab Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Anda sedang bekerja menggunakan laptop dan tiba-tiba laptop mati? Apa saja penyebab laptop mati sendiri? Berikut beberapa penyebabnya.

Laptop adalah perangkat elektrik dan ada kalanya akan mulai mengalami masalah. Salah satu masalah yang kerap dialami oleh laptop adalah mati sendiri.

Apa Penyebab Laptop Mati Sendiri
Apa Penyebab Laptop Mati Sendiri?

Ketika laptop mati sendiri, tidak selalu disebabkan oleh kerusakan pada perangkat keras. Ada berbagai kemungkinan yang bisa menyebabkan laptop mendadak mati.

Kita bisa melakukan pemecahan standar dengan menganalisanya sendiri sebelum memutuskan membawa laptop ke jasa servis.

Ketika laptop Anda sudah terlalu sering mati secara mendadak, mungkin saja disebabkan oleh beberapa masalah berikut ini.

Penyebab Laptop Mati Sendiri

Baterai Drop

Baterai laptop seiring waktu akan berkurang kemampuannya dan seringkali menjadi penyebab laptop mati sendiri.

Ketika laptop mendadak mati, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah melepas baterai laptop. Kemudian coba nyalakan laptop dan cobalah untuk menggunakannya laptop secara normal seperti biasa.

Jika laptop bisa menyala dan kemudian bisa digunakan secara normal selama Anda gunakan, kemungkinan besar baterainya sudah harus diganti.

Overheat

Overheat atau panas yang berlebih adalah salah satu penyebab laptop mati sendiri. Ini sering terjadi karena hampir semua laptop memiliki mekanisme yang akan mematikan komputer ketika komponen menjadi terlalu panas.

Apa Penyebab Laptop Mati Sendiri
Heatsink laptop kotor (kredit gambar: hp.com)

Solusinya adalah dengan melakukan cek pada perangkat yang memiliki fan heatsink kipas seperti kartu grafis, prosesor, casing, dan ventilasi pembuangan panas. Biasanya komponen yang memiliki heatsink ini kotor dengan debu, rambut, dan partikel kecil lainnya.

Kotoran ini akan menghambat kinerja kipas dan juga menghalangi sirkulasi pembuangan udara panas sehingga membuat hardware panas berlebihan.

Untuk membersihkannya, Anda harus membongkar casing laptop. Pastikan untuk melakukannya dengan benar ketika Anda mencoba membongkar laptop.

Untuk membersihkan kotoran tersebut, Anda bisa menggunakan kuas, vakum kecil, atau kalau tidak ada perlengkapan apapun Anda bisa meniupnya pelan-pelan.

Sebagai langkah pencegahan masalah overheat, Anda bisa menggunakan perangkat tambahan seperti pendingin khusus laptop. Selain itu jangan letakkan laptop di atas kasur atau permukaan lain yang berpotensi memiliki debu.

Reset BIOS

Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan mereset pengaturan BIOS ke kondisi standar. Mungkin Anda pernah mengganti konfigurasi BIOS dengan tujuan overclocking atau hal lainnya.

Pengaturan apapun yang membuat komponen hardware melebihi kemampuan standar yang dimilikinya berpotensi membuat segalanya berlebihan dan menyebabkan laptop mendadak mati.

Update Driver

Seringkali, masalah dengan komponen perangkat keras yang menyebabkan masalah bukanlah perangkat keras itu sendiri tetapi driver yang menyertainya.

Driver yang tidak kompatibel dapat menyebabkan segala macam masalah. Anda bisa mencoba melakukan update driver semua perangkat keras yang ada.

BSOD

Ketika laptop mendadak mati yang didahului dengan BSOD atau Blue Screen of Death (atau juga disebut bluescreen) biasanya disebabkan oleh kesalahan pada sistem seperti memori RAM error, registry rusak, dan sebagainya.

Apa Penyebab Laptop Mati Sendiri
BSOD Blue Screen of Death

Ketika laptop Anda mendadak mati yang didahului dengan BSOD, langkap pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan cabut pasang RAM laptop.

Selain itu, BSOD juga masih ada kaitannya dengan driver. Anda bisa mencoba memperbaiki driver-driver komponen perangkat keras laptop Anda.

Engsel Layar Bermasalah

Hal lain yang menjadi penyebab laptop mati sendiri adalah engsel laptop bermasalah. Ini nampak sepele dan sering tidak terduga.

Ketika laptop sering dibuka dan ditutup, ada kalanya pada akhirnya engsel menjadi rusak atau aus. Ketika engsel aur, ada resiko sensor di tutup laptop Anda memberi tahu komputer bahwa komputer ditutup padahal tidak.

Ketika laptop ditutup dalam keadaan menyala, sensor akan mengirimkan sinyal “sleep” atau “shutdown” tergantung pada pengaturan mana yang Anda terapkan.

Pastikan dulu apakah engsel laptop Anda sudah aus atau masih dalam keadaan normal. Jika nampak ada masalah pada engselnya, Anda bisa mencoba menerapkan cara berikut:

  1. Masuk ke Control Panel -> Change power settings
  2. Pilih Power buttons and lid
  3. When I close the lid -> pilih Do Nothing.
Penyebab Laptop Mati Sendiri
Pengaturan opsi lid pada laptop

Hardware Failure

Penyebab lain yang sering membuat laptop mati adalah adanya kerusakan pada hardware.

Sebelum memutuskan masalah yang terjadi disebabkan oleh kerusahan hardware, Anda bisa mencoba penanganan standar seperti:

  • Cabut dan pasang RAM (bersihkan slot RAM terlebih dahulu)
  • Cabut pasang kabel data hard drive.

Kerusakan lain bisa saja terjadi pada komponen power supply yang tugasnya untuk memberikan asupan daya dari adaptor ke laptop.

Ketika asupan daya tidak stabil atau bahkan tidak ada sama sekali, tentunya laptop tidak akan bisa menyala dan suplai tenaga ke baterai juga kurang maksimal.

Virus atau Malware

Meskipun kemungkinannya kecil, ada kalanya virus dan malware akan membuat kinerja laptop makin berat dan ujung-ujungnya suka mati sendiri.

Penyebab Laptop Mati Sendiri
Ilustrasi virus komputer

Kalau laptop sudah menggunakan antivirus dan tidak mendeteksi adanya virus atau malware, cobalah menggunakan antivirus lain terutama yang premium.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala

Sistem Operasi Kacau

Penyebab laptop mati sendiri yang berikutnya adalah sistem operasi yang kacau. Sistem operasi yang sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama ada kalanya akan mulai bermasalah.

Beberapa penyebabnya karena:

  • Registry error
  • Sering intall aplikasi dan kemudian di-uninstall
  • Pernah diserang virus atau malware
  • Driver error
  • Kesalahan kompatibilitas
  • Sering gagal booting.

Anda bisa melakukan beberapa cara standar untuk membereskan sistem operasi yang kacau seperti sering melakukan disk defrag, registry defrag, dan disk cleanup.

Ketika laptop Anda sering mendadak mati dan sistem operasi yang saat ini digunakan sudah terlalu lama digunakan (lebih dari 1 tahun), mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba menginstall ulang sistem operasi laptop.

Baca juga: Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Pergantian Hardware

Apakah Anda baru saja upgrade memori atau hard drive?

Kalau Anda memang baru saja mengganti memori atau hard drive laptop Anda dengan tujuan meningkatkan kapasitas, bisa saja ada masalah dengan perangkat keras tersebut atau bahkan kompatibilitasnya.

Sudah Menerapkan Cara Di Atas Tapi Laptop Masih Sering Mati Sendiri?

Bagaimana jika sudah menerapkan berbagai cara di atas tapi laptop masih sering mati sendiri?

Sayangnya sudah saatnya Anda membawa laptop ke jasa servis guna mendapatkan bantuan yang lebih profesional. Ketika membawa laptop ke jasa servis, pastikan untuk membawanya ke service center merk laptop tersebut guna mendapatkan jaminan servis yang pasti.

Apalagi jika laptop memang masih dilindungi oleh garansi, Anda disarankan membawanya ke service center resmi untuk klaim garansi.

Lulusan Teknik Informatika yang sudah terjun di dunia internet sejak 2002. Memiliki passion dalam dunia teknologi informasi, internet, gadget, dan teknologi pada umumnya.