Perbedaan HTTP dan HTTPS Serta Semua Hal yang Harus Kamu Ketahui

Ada beberapa faktor yang membedakan antara HTTP dan HTTPS. Berikut inilah perbedaannya dan beberapa informasi penting tentang keduanya.

Mungkin Anda masih bingung dengan perbedaan http dan https? Tidak hanya dari segi keamanan, ada beberapa perbedaan fitur antara keduanya.

HTTP dan HTTPS keduanya adalah protokol yang digunakan untuk pertukaran informasi dari situs web tertentu antara server web dan browser web. Keduanya dibedakan oleh huruf “s” yang berarti tambahan untuk secure (aman).

Secara singkat, perbedaan antara http dan https adalah bahwa https jauh lebih aman dibandingkan dengan http. Namun seperti apakah perbedaan yang lebih lengkap dan seperti apa fungsi serta kegunaan masing-masing akan kami ulas berikut ini.

Apa Perbedaan HTTP dan HTTPS?

Apa itu HTTP?

Kepanjangan dari HTTP adalah Hypertext Transfer Protocol. HTTP menawarkan seperangkat aturan dan standar yang mengatur bagaimana informasi apa pun itu dapat ditransmisikan di World Wide Web (WWW).

Perbedaan HTTP dan HTTPS
Ilustrasi HTTP (vladru / istockphoto)

HTTP menyediakan aturan standar untuk web browser dan server untuk saling berkomunikasi dan HTTP mengirimkan data melalui PORT 80.

HTTP adalah protokol jaringan lapisan aplikasi yang dibangun di atas TCP. HTTP menggunakan teks terstruktur Hypertext yang menetapkan hubungan logis antara node yang berisi teks.

Ini juga dikenal sebagai “protokol stateless” karena setiap perintah dijalankan secara terpisah, tanpa menggunakan referensi dari perintah run sebelumnya.

Protokol-protokol ini menginstruksikan cara mengakses informasi, mentransfernya, menampilkannya, dan tindakan apa yang harus dimulai ketika perintah tertentu tiba.

Karena kesederhanaannya, http adalah protokol yang paling banyak digunakan untuk transfer data melalui web.

Namun kelemahannya adalah, data (yaitu hypertext) yang dipertukarkan menggunakan http sangat kurang aman.

Hypertext yang dipertukarkan antara browser dan server menggunakan http berjalan sebagai teks biasa sehingga siapapun dengan kemampuan dan peralatan tertentu dapat membaca data ini dengan sangat mudah.

Kelebihan HTTP

  • HTTP dapat diimplementasikan dengan protokol lain di internet, atau di jaringan lain
  • Halaman HTTP disimpan di cache komputer dan internet, sehingga dapat diakses dengan cepat
  • Platform independen yang memungkinkan porting lintas platform
  • Tidak memerlukan dukungan Runtime
  • Dapat digunakan melalui Firewall.

Apa itu HTTPS?

Perbedaan HTTP dan HTTPS
Ilustrasi HTTPS (bagotaj / istockphoto)

HTTPS adalah singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol Secure. Ini adalah versi HTTP yang lebih maju dan aman. HTTPS menggunakan port 443 untuk melakukan komunikasi data.

Hal ini memungkinkan transaksi melalui web secara aman dengan mengenkripsi seluruh komunikasi dengan SSL.

HTTPS adalah kombinasi dari protokol SSL/TLS dan HTTP yang menyediakan enkripsi dan keamanan karena adanya algoritma enkripsi berbasis kunci. Kunci ini umumnya memiliki kekuatan 40 atau 128 bit.

Perlu diketahui bahwa keamanan di https ini dicapai dengan mengorbankan waktu pemrosesan karena server web dan browser web perlu bertukar kunci enkripsi menggunakan sertifikat sebelum data sesungguhnya dapat ditransfer.

Pada dasarnya, pengaturan sesi aman dilakukan sebelum pertukaran hypertext yang sebenarnya antara server dan browser.

Web yang sudah menggunakan HTTPS adalah sebuah langkah besar untuk mengamankan data web tersebut. Tanpa memasang sertifikat SSL, web tersebut menjadi sasaran empuk pencurian data yang tentu saja sangat merugikan dua belah pihak (pemilik web dan pengunjung web yang memasukkan data).

Tabel Perbedaan HTTP dan HTTPS

Secara singkat, perbedaan HTTP dan HTTPS, kelebihan dan kekurangan HTTP dan HTTPS, port yang dipakai pada protokol HTTP dan HTTPS, ditampilkan pada tabel berikut ini.

HTTPHTTPS
Menggunakan port 80 secara defaultMenggunakan port 443 secara default
Rentan terhadap peretasAman karena data dienkripsi sebelum ditampilkan
Lebih cepat karena tanpa ada pertukaran “kunci”Membutuhkan waktu untuk proses pertukaran kunci enskripsi
Buruk di mata SEONilai plus bagi SEO
Tidak memerlukan sertifikat SSLMemerlukan sertifikat SSL
Beroperasi pada TCP/IPMenggunakan HTTP plus tambahan koneksi TLS/SSL terenkripsi
Tidak mengacak data yang akan dikirimkanMengacak data sebelum transmisi
URL dimulai dengan http://URL dimulai dengan https://
Bekerja di layer aplikasiBekerja di transport layer

Informasi Penting

Jika Anda mengunjungi sebuah web yang masih belum menerapkan HTTPS:

  • Jangan pernah memasukkan data pribadi, terutama data penting seperti data kartu kredit
  • Hindari melakukan transaksi apapun itu dengan memasukkan semua data perbankan milik Anda.

Kesimpulan

HTTPS membantu dalam membangun kepercayaan. Membangun kepercayaan dalam bisnis (terutama bisnis yang berhubungan dengan internet) adalah penting untuk menjalankan bisnis jangka panjang.

Seperti yang kita ketahui, internet memiliki citra sebagai lingkungan yang tidak aman, jadi sebuah web harus melakukan apa saja untuk menjadi aman. HTTPS adalah salah satu cara utama untuk menerapkan keamanan.

Baca juga:

Lulusan Teknik Informatika yang sudah terjun di dunia internet sejak 2002. Memiliki passion dalam dunia teknologi informasi, internet, gadget, dan teknologi pada umumnya.

Tinggalkan komentar