21 Prospek Kerja Psikologi dan Besaran Gajinya

Jurusan Psikologi identik dengan pekerjaan yang berhubungan dengan kejiwaan. Namun masih banyak prospek kerja lain bagi lulusannya.

Jurusan Psikologi mencetak ribuan lulusan setiap tahunnya. Ini adalah gambaran singkat betapa populernya jurusan ini. Bagaimana dengan prospek kerja psikologi?

Jurusan kuliah Psikologi tidak bisa dipungkiri menjadi magnet sebagian besar calon mahasiswa. Dalam daftar 10 besar jurusan kuliah yang paling banyak peminatnya, Psikologi selalu ada dalam daftar tersebut. Jika kamu sedang membaca artikel ini, kamu adalah salah satu peminatnya.

Apalagi tingkat persaingan masuk jurusan Psikologi di Perguruan Tinggi favorit, pastilah sangat ketat dan sulit meski semuanya memiliki peluang yang sama.

Sebelum kita melanjutkan, mari kita membaca informasi singkat tentang jurusan Psikologi ini. Harapannya kamu mendapatkan sedikit gambaran tentang jurusan ini.

Apa Itu Jurusan Psikologi?

Prospek Kerja Psikologi
Prospek Kerja Psikologi

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan aplikasinya pada masalah-masalah yang dihadapi manusia [1].

Sebagian besar alasan memilih jurusan ini adalah:

  • Ingin mengetahui karakter dan kepribadian seseorang
  • Senang mendengarkan cerita orang lain
  • Ingin menghindari pelajaran hitung-hitungan.

Sepertinya sangat menarik kan? Namun apakah memang Psikologi akan semudah itu dan bisa menghindari pelajaran berhitung?

Mayoritas pelajaran jurusan Psikologi akan mempelajari berbagai hal tentang manusia. Mahasiswa akan digembleng hal-hal seputar manusia dan mengapa seseorang dapat berperilaku demikian.

Namun jika kamu memilih jurusan Psikologi karena menghindari Matematika, maka itu adalah sebuah kesalahan. Selama kurang lebih 6 semester, mahasiswa jurusan Psikologi akan menemui pelajaran Statistik.

Belajar Psikologi memang membuat lulusannya memiliki interpersonal skills berkaitan dengan helping profession, mengetahui perkembangan manusia sebagai individu, kepribadian, mengerti bahwa jiwa sesungguhnya berkenaan dengan perilaku; tapi hal itu tak berarti apa-apa tanpa Statistik.

Selain Statistik, pelajaran hitungan lain yang akan ditemui adalah Psikometri (ilmu tentang pengembangan skala psikologi/psikotes), dan Penelitian Kuantitatif.

Itulah sedikit gambaran singkat seperti apa jurusan Psikologi ini. Berikut ini beberapa peluang atau prospek kerja jurusan Psikologi.

Prospek Kerja Psikologi dan Gajinya

Human Resource

Prospek Kerja Psikologi Human Resource Development
Prospek Kerja Psikologi: Human Resource Development (shutterstock)

Secara “alamiah” lulusan jurusan Psikologi akan bekerja di bidang Human Resource atau bagian Sumber Daya Manusia (SDM).

Semua perusahaan atau kantor pemerintahan memiliki bagian yang biasanya disebut dengan Human Resource Development (HRD), SDM, Personalia, Analis Kepegawaian, Pembimbing Kemasyarakatan dan semacamnya.

Apa tugas Human Resource Development (HRD)? HRD bertanggung jawab untuk merekrut, menyaring, mewawancarai, dan menempatkan karyawan atau pekerja. Mereka juga dapat menangani hubungan antar karyawan, penggajian, tunjangan, dan pelatihan.

HRD akan memiliki tim dengan struktur organisasi yang jelas. Bagian manajerial akan diisi oleh orang yang berpengalaman, sedangkan bagian staf atau officer sebagian besar akan diisi oleh fresh graduate atau yang masih memiliki pengalaman di bawah 1 tahun.

Divisi HRD biasanya akan dibagi menjadi beberapa bidang seperti berikut ini:

  • HR Operation: bertugas menangani operasional harian karyawan
  • CB (Compensation and Benefit): menangani bonus untuk karyawan dan juga penggajian
  • Recruitment: menangani penerimaan karyawan melalui wawancara dan tes psikologi
  • Organization Development (OD): menangani pengembangan perusahaan
  • Training and Development (TD): menangani pelatihan dan pengembangan kualitas karyawan (SDM).

Dan lulusan jurusan Psikologi bisa menjadi salah satu atau bahkan terlibat pada semua bidang tersebut.

Gaji Human Resource Development (HRD)

Gaji bagian Human Resource Development (HRD) tergantung pada jabatan yang diemban. Untuk level manajerial atau supervisor, rata-rata gaji yang bisa diterima berkisar antara Rp. 10.000.000 hingga Rp. 50.000.000. Sedangkan level staf rata-rata akan mendapatkan gaji Rp. 4.000.000 hingga Rp. 7.000.000.

Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan Human Resource Development (HRD) untuk bagian manajer dan jumlah gaji yang ditawarkan.

Prospek Kerja Psikologi
Lowongan Kerja Human Resource Development (HRD) dan Gajinya

Psikolog

Prospek Kerja Psikologi Human Resource Development
Prospek Kerja Psikologi sebagai Psikolog (shutterstock)

Lulusan jurusan Psikologi idealnya akan menjadi Psikolog. Namun untuk menjadi Psikolog diharuskan mengambil S-2 Profesi Psikologi.

Apa itu Psikolog? Psikolog adalah orang memiliki keahlian berbicara dengan individu (pasien) dan memupuk kesehatan mental positif dan pertumbuhan pribadi mereka.

Psikolog juga akan mengevaluasi kebutuhan pasien dan menyesuaikannya dengan kebutuhan, mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku dan kemudian mengatur rencana perawatan.

Baca juga: Apa Perbedaan Psikolog dan Psikiater?

Gaji Psikolog

Berapa gaji Psikolog? Sangat relatif menghitung gaji Psikolog. Jika seorang Psikolog bekerja di perusahaan, rata-rata gaji yang bisa didapatkan adalah minimal Rp. 10.000.000 hingga Rp. 15.000.000.

Namun jika Psikolog membuka praktek sendiri atau bekerja di klinik Psikolog, penghitungan pendapatannya dihitung per sesi dan lama durasinya. Variasi biaya untuk berkonsultasi dengan Psikolog berkisar antara Rp. 150.000 hingga Rp. 300.000.

Katakanlah seorang Psikolog bertarif Rp. 200.000 per sesi, sehari dia menerima 2 pasien, maka dalam sehari dia akan mendapatkan Rp. 400.000 dan dalam 1 bulan (20 hari kerja) akan mendapatkan Rp. 8.000.000.

Konselor

Prospek Kerja Psikologi Konselor
Prospek Kerja Psikologi: Konselor (shutterstock)

Konselor adalah individu berkualifikasi yang menggunakan metode konseling untuk membantu orang mengelola dan mengatasi masalah mental dan emosional.

Tugas mereka termasuk mendengarkan pasien, mengatur rencana perawatan, dan membuat strategi coping. Mereka bekerja di fasilitas kesehatan mental, rumah sakit, biro Psikologi, dan sekolah (biasa disebut juga dengan BK).

Tidak hanya menjadi konselor kejiwaaan, beberapa bidang konselor lainnya adalah:

  • Konselor karir
  • Konselor kepribadian.

Gaji Konselor

Gaji Konselor tentu saja sangat bervariatif. Rata-rata gaji yang bisa didapatkan jika bekerja di fasilitas kesehatan mental, rumah sakit, dan biro Psikologi bisa mendapatkan Rp. 4.000.000 hingga Rp. 8.000.000.

Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan Konselor dan gajinya.

Prospek Kerja Psikologi
Lowongan Kerja Konselor dan Gajinya

Dosen Psikologi

Prospek Kerja Psikologi Dosen
Prospek Kerja Psikologi: Dosen (gettyimages)

Prospek kerja Psikologi yang berikutnya adalah menjadi Dosen. Untuk menjadi Dosen, tentu saja harus menempuh pendidikan S-2 terlebih dahulu (tidak menutup kemungkinan juga S-3).

Dosen adalah seorang ahli yang merancang, mengembangkan, dan menyampaikan materi menggunakan berbagai metode dan platform.

Mereka membuat materi kursus, rencana pelajaran, dan kurikulum, melakukan penelitian dan praktik kerja lapangan, terlibat dengan mahasiswa, membantu memproses aplikasi, dan juga menghadiri wawancara, konferensi, dan pertemuan.

Gaji Dosen

Gaji Dosen tergantung pada instansi dimana dia mengajar. Beberapa Perguruan Tinggi swasta yang cukup bonafid bisa menawarkan gaji yang cukup bagus. Rata-rata gaji Dosen berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 7.000.000.

Berikut ini salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai Dosen Psikologi di Perguruan Tinggi swasta dan jumlah gaji yang ditawarkan.

Prospek Kerja Psikologi
Lowongan Kerja Dosen Psikologi dan Gajinya

Customer Relations Specialist

Prospek Kerja Psikologi Customer Relations
Prospek Kerja Psikologi: Customer Relations (shutterstock)

Profesi apakah Customer Relations Specialist? Customer Relations Specialist bertanggung jawab untuk menyediakan layanan berkualitas tinggi bagi pelanggan dengan menanggapi pertanyaan dan kekhawatiran mereka serta menyelesaikan keluhan tentang barang dan jasa perusahaan.

Tentu karena jurusan Psikologi mempelajari seluk-beluk perilaku manusia, mereka bisa menerapkannya untuk menghadapi berbagai permasalahan tentang produk atau jasa perusahaan yang dia wakili.

Baca juga: 27 Prospek Kerja Sistem Informasi dan Besaran Gajinya

Gaji Customer Relations Specialist

Berapa gaji Customer Relations Specialist? Rata-rata gaji yang bisa didapatkan berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 7.000.000.

Berikut ini salah satu contoh lowongan kerja sebagai Customer Relations dan jumlah gaji yang ditawarkan.

Prospek Kerja Psikologi
Lowongan Kerja Customer Relations Specialist dan Gajinya

Administrasi

Prospek Kerja Psikologi Administrasi
Prospek Kerja Psikologi: Administrasi (shutterstock)

Prospek kerja lulusan Psikologi yang berikutnya adalah menjadi staf Administrasi.

Administrasi memiliki tugas memberikan dukungan administrasi baik kepada individu atau tim. Tugas mereka mungkin termasuk menangani panggilan telepon, menerima dan mengarahkan pengunjung, mengolah data dan dokumen, membuat spreadsheet dan presentasi, dan pengarsipan.

Gaji Administrasi

Gaji profesi Administrasi saat ini berkisar antara Rp. 3.500.000 hingga Rp. 6.000.000 tergantung pada perusahaan dan juga deskripsi kerja yang menjadi tugasnya.

Berikut ini salah satu contoh lowongan kerja Administrasi lulusan Psikologi dan jumlah gaji yang ditawarkan.

Prospek Kerja Psikologi
Lowongan Kerja Administrasi Psikologi dan Gajinya

Assessor

Prospek Kerja Psikologi Assessor
Prospek Kerja Psikologi: Assessor (gettyimages)

Prospek kerja lulusan Psikologi yang berikutnya adalah menjadi Assessor. Profesi apakah Assessor?

Assessor (tenaga penguji) adalah orang yang memiliki tugas dan tanggung jawab memberikan atau mengadakan tes psikologis kepada klien (pasien) dan membuat laporan tertulis dengan rekomendasi perawatan atau tindak lanjut.

Untuk menjadi Assesor Psikologi membutuhkan Sertifikat Assessor (bagi non psikolog) atau SIPP (Surat Ijin Praktik Psikologi).

Gaji Assessor

Gaji Assessor pada saat ini rata-rata berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 10.000.000

Pegawai Negeri Sipil

Prospek Kerja Psikologi Pegawai Negeri Sipil
Prospek Kerja Psikologi: Pegawai Negeri Sipil (bkd.jepara.go.id)

Formasi CPNS untuk lulusan Psikologi pada saat ini banyak pilihannya. Beberapa kementerian sebagian besar membuka lowongan atau formasi untuk lulusan Psikologi.

Beberapa jabatan atau profesi yang bisa diambil oleh lulusan Psikologi melalui jalur CPNS adalah:

  • Psikolog Klinis (S2 Profesi Klinis)
  • Pembimbing Kemasyarakatan (Kemenkumham)
  • Analis Kepegawaian
  • Analis Keimigrasian
  • Psikologi Forensik.

Asisten Psikolog

Prospek Kerja Psikologi Asisten Psikolog
Prospek Kerja Psikologi: Asisten Psikolog (gettyimages)

Prospek kerja Psikologi yang berikutnya adalah menjadi Asisten Psikolog. Ini adalah langkah awal yang bisa dilakukan sebelum menjadi Psikolog.

Apa tugas Asisten Psikolog? Membantu merencanakan dan mengevaluasi program perawatan pasien. Tugasnya juga termasuk melakukan penilaian dan mengelola pengujian lainnya.

Gaji Asisten Psikolog

Rata-rata gaji Asisten Psikolog berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 6.000.000.

Konsultan Pendidikan

Prospek Kerja Psikologi Konsultan Pendidikan
Prospek Kerja Psikologi: Konsultan Pendidikan (shutterstock)

Lulusan Psikologi juga bisa terjun menjadi seorang Konsultan Pendidikan. Mungkin kamu masih belum tahu jenis profesi apakah konsultan pendidikan ini?

Konsultan pendidikan adalah lembaga atau individu yang memberikan bantuan kepada para pelajar yang ingin melanjutkan studi baik di dalam maupun luar negeri. Pada umumnya konsultan pendidikan akan membantu semua proses dari awal hingga sukses masuk ke sekolah atau perguruan tinggi tujuan.

Baca juga: 21 Prospek Kerja Manajemen dan Besaran Gajinya

Tugas konsultan pendidikan:

  • Melayani konsultasi pendidikan dalam dan luar negeri
  • Membantu memilihkan sekolah atau universitas
  • Membantu memilih jurusan kuliah
  • Membantu memilih tujuan
  • Membantu semua prosedur masuk perguruan tinggi
  • Mencarikan tempat tinggal di luar negeri
  • Mencarikan tiket pesawat
  • Memberi informasi terkait jurusan dan calon universitas
  • Memberikan pendampingan pada masa awal kuliah di luar negeri.

Research and Development (R&D)

Prospek Kerja Psikologi Research and Development (R&D)
Prospek Kerja Psikologi: Research and Development (R&D) (shutterstock)

Prospek kerja jurusan Psikologi yang berikutnya bekerja di perusahaan sebagai Research and Development (R&D).

Research and Development (R&D) adalah divisi atau tim yang memiliki tugas merancang dan menguji konsep produk dan juga mendesain ulang produk yang ada.

Selain itu, R&D juga terus mengembangkan konsep desain produk, mengembangkan produk baru, dan mendesain ulang produk yang ada sesuai dengan standar di dunia industri.

Gaji Research and Development (R&D)

Rata gaji bagian Research and Development (R&D) untuk level manajer atau supervisor berkisar antara Rp. 8.000.000 hingga Rp. 20.000.000. Sedangkan untuk level staf bisa mendapatkan gaji berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 6.000.000.

Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai manajer Research and Development (R&D) dan gaji yang ditawarkan.

Prospek Kerja Psikologi Customer Relations
Lowongan Research and Development (R&D) dan Gajinya

Guru Bimbingan Konseling (BK)

Prospek Kerja Psikologi Guru BK
Prospek Kerja Psikologi: Guru BK (shutterstock)

Lulusan Psikologi secara “alami” bisa menjadi guru Bimbingan Konseling (BK). Meskipun tidak berasal dari linier ilmu kependidikan, lulusan Psikologi tetap bisa terjun di bidang ini.

Di sekolah, guru Bimbingan Konseling (BK) memiliki tugas seperti berikut ini:

  • Memberikan bantuan konseling kepada siswa-siswa yang bermasalah
  • Memberikan motivasi
  • Mengarahkan untuk memilih jurusan sekolah
  • Membantu mengarahkan memilih jurusan kuliah dan Perguruan Tinggi
  • Psikotes
  • Tes IQ
  • Mengatasi gangguan-gangguan belajar
  • Mendampingi anak-anak inklusi yang memiliki gangguan belajar.

Gaji Guru Bimbingan Konseling (BK)

Jika menjadi guru Bimbingan Konseling (BK) melalui jalur CPNS, gaji yang nantinya diterima akan menyesuaikan pangkat yang dimilikinya. Rata-rata gaji guru BK PNS berkisar antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 5.000.000.

Sedangkan jika menjadi guru BK di sekolah swasta, rata-rata yang gaji yang bisa diterima berkisar antara Rp. 2.000.000 hingga Rp. 5.000.000.

Di bawah ini adalah contoh lowongan kerja guru Bimbingan Konseling (BK) dan jumlah gaji yang ditawarkan.

Prospek Kerja Psikologi
Lowongan Kerja Guru Bimbingan Konseling (BK) dan Gajinya

Terapis ABK

Prospek Kerja Psikologi Terapis
Prospek Kerja Psikologi: Terapis (shutterstock)

Lulusan jurusan Psikologi juga bisa berkarir menjadi seorang Terapis Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Tugas Terapis ABK adalah melakukan analisis perilaku untuk memberikan perbaikan perilaku bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Dengan mengamati dan menanggapi perilaku, Terapis ABK akan memberikan panduan kepada pasien dengan tujuan membantu mengubah dan mengendalikan perilaku.

Baca juga: 22 Prospek Kerja Teknik Industri dan Besaran Gajinya

Gaji Terapis ABK

Rata-rata gaji seorang Terapik ABK jika bekerja di lembaga konseling Psikologi berkisar antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 6.000.000.

Namun jika bekerja sendiri atau memiliki dan sertifikat sebagai kredential pendidik anak berkebutuhan khusus dan lisensi profesional sebagai terapis, pendapatan yang bisa didapatkan dalam 1 bulan bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Presenter

Prospek Kerja Psikologi Presenter
Prospek Kerja Psikologi: Presenter (shutterstock)

Dunia Psikologi tidak hanya berkutat di masalah Psikologis. Ketika kuliah, mahasiswa jurusan Psikologi dibekali dengan pengetahuan komunikasi. Hal ini bisa diterapkan dengan terjun sebagai Presenter.

Presenter adalah orang yang menghibur dan menginformasikan audiens dengan menyajikan informasi atau hiburan dengan cara yang tepat dan menarik.

Presenter akan memperkenalkan, menyelenggarakan (atau menjadi tuan rumah bersama) program, membuat tautan antar item, memperkenalkan dan mewawancarai tamu, dan berinteraksi dengan audiens.

Gaji Presenter

Rata-rata gaji yang bisa didapatkan oleh Presenter berkisar antara Rp. 3.000.000 hingga puluhan juta rupiah.

Jurnalis

Prospek Kerja Psikologi Jurnalis
Prospek Kerja Psikologi: Jurnalis (shutterstock)

Prospek kerja piskologi yang berikutnya adalah menjadi jurnalis. Profesi ini cocok untuk yang memiliki jiwa penyelidikan dan penyampaian informasi.

Apa tugas Jurnalis? Tugas utama jurnalis adalah mengumpulkan informasi, menulis berita, dan menyajikan berita secara jujur dan seimbang. Selain menyelidiki dan melaporkan peristiwa terkini, mereka juga mengolah artikel yang mempengaruhi opini publik.

Gaji Jurnalis

Gaji rata-rata jurnalis berkisar antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 10.000.000 tiap bulannya. Jurnalis senior bahkan bisa mendapatkan penghasilan puluhan juta per bulan.

Public Relation

Prospek Kerja Psikologi Public Relation
Prospek Kerja Psikologi: Public Relation (shutterstock)

Prospek kerja Psikologi yang berikutnya adalah menjadi Public Relation. Bekal mempelajari pengetahuan informasi dan mempelajari kondisi Psikologis manusia bisa diterapkan di profesi ini.

Apa itu Public Relation? Public Relation memiliki tugas untuk membangun dan memelihara citra positif perusahaan atau organisasi yang mereka wakili di depan publik.

Dalam melaksanakan tugasnya, Public Relation bekerja melalui media, dari siaran pers hingga pesan media sosial, untuk membentuk opini publik tentang perusahaan atau organisasi dan meningkatkan kesadaran akan mereknya (memperkuat brand).

Baca juga: Sekolah Kedinasan di Indonesia

Gaji Public Relation

Di perusahaan berskala besar, gaji Public Relation sangat tinggi. Untuk level staf dan asisten saja bisa mendapatkan gaji berkisar antara Rp. 6.000.000 hingga Rp. 15.000.000. Sedangkan level manajer atau supervisor bisa mendapat gaji antara Rp. 20.000 hingga Rp. 50.000.000.

Berikut ini salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai asisten Public Relation dan jumlah gaji yang ditawarkan.

Prospek Kerja Psikologi
Lowongan Kerja Public Relation dan Gajinya

Content Writer

Prospek Kerja Psikologi Content Writer
Prospek Kerja Psikologi: Content Writer (shutterstock)

Content Writer adalah profesi yang menulis dan menghasilkan konten yang relevan untuk situs web, blog, artikel, buku, deskripsi produk, dan media sosial. Tugasnya adalah membuat konten yang menarik perhatian audiens target tertentu.

Gaji Content Writer

Menariknya, gaji seorang Content Writer ternyata sangat menjanjikan. Rata-rata gaji Content Writer berkisar antara Rp. 3.000.000 hingga puluhan juta rupiah per bulannya.

Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai Content Writer dan gaji yang ditawarkan.

Prospek Kerja Psikologi
Lowongan Kerja Content Writer dan Gajinya

Motivator

Prospek Kerja Psikologi Motivator
Prospek Kerja Psikologi: Motivator (shutterstock)

Lulusan psikologi dilatih untuk memiliki keahlian “berbicara”. Banyak lembaga, kantor, dan perusahaan yang sering mengadakan training atau workshop di bidang Psikologi yang membutuhkan motivator atau pembicara.

Motivator bertugas untuk memberikan pidato informatif dan inspiratif kepada sekelompok besar orang. Mereka dipekerjakan untuk berbicara tentang topik seperti mencapai kesuksesan finansial, perjuangan hidup, semangat belajar, menjalani gaya hidup sehat atau menciptakan keseimbangan antara pekerjaan dan gaya hidup.

Gaji Motivator

Rata-rata gaji motivator yang bekerja di biro atau lembaga Psikologi berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 10.00.000.

Psikolog Marketing

Prospek Kerja Psikologi Marketing
Prospek Kerja Psikologi Marketing (shutterstock)

Prospek kerja lulusan jurusan Psikologi yang berikutnya adalah terjun di dunia marketing sebagai seorang “Psikolog” marketing.

Psikologi marketing berfokus pada dunia bisnis dan pemasaran. Jasa lulusan Psikologi banyak dipakai di bidang ini.

Fokusnya adalah menganalisis apa yang menjadi ketertarikan calon konsumen, apa yang sebenarnya disukai dan dicari konsumen, bagaimana mempengaruhi emosi dan perasaan calon konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

Salah satu contohnya seperti misalnya memberikan bantuan pemilihan warna sebuah produk. Masukan yang diberikan bisa menentukan bagaimana warna tertentu bisa mempengaruhi aspek psikis calon konsumen.

Gaji Psikologi Marketing

Gaji rata-rata yang terjun di bidang Psikologi marketing akan mendapatkan minimal Rp. 4.000.000 hingga puluhan juta per bulan.

Peneliti

Prospek Kerja Psikologi Peneliti
Prospek Kerja Psikologi: Peneliti (shutterstock)

Pilihan profesi lain yang bisa diterjuni oleh para lulusan Psikologi adalah menjadi peneliti.

Peneliti ada tim atau individu yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, mengatur, serta menganalisis opini dan data untuk memecahkan masalah, mengeksplorasi masalah, dan memprediksi tren.

Banyak lembaga atau organisasi yang membuka lowongan pekerjaan sebagai peneliti seperti contohnya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) atau di instansi pemerintahan yang menangani kebijakan publik.

Gaji Peneliti

Rata gaji peneliti yang berbagung di lembaga atau instansi pemerintah berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 10.000.000.

Psikolog Forensik

Prospek Kerja Psikologi Forensik
Prospek Kerja Psikologi Forensik (shutterstock)

Psikolog Forensik atau terkadang disebut juga dengan Profiler adalah profesi yang bekerja dengan lembaga penegak hukum untuk mengembangkan profil singkat pelanggar hukum, berdasarkan ciri-ciri psikologis yang umum.

Dalam pekerjaan mereka, mereka mempelajari perilaku para pelanggar hukum dan membahas apa saja mulai dari teori psikologis hingga masalah hukum.

Untuk terjun di bidang Psikolog Forensik, lulusan sarjana Psikologi harus melanjutkan mengambil studi S2 Program Studi Psikologi Profesi.

Gaji Psikolog Forensik

Gaji rata-rata seorang Psikolog forensik sangat tinggi karena keahliannya juga sangat tinggi. Rata-rata gaji Psikolog forensik saat ini berkisar antara Rp. 10.000.000 hingga puluhan juta.

Baca juga: 12 Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

Kesimpulan

Ilmu Psikologi yang berkutat mempelajari seluk-beluk perilaku manusia mampu menarik minat banyak calon mahasiswa yang sedang mencari jurusan kuliah. Banyak yang menganggap ini adalah jurusan kuliah yang “keren”.

Meskipun ini adalah jurusan yang berkutat pada masalah perilaku manusia, bukan berarti mahasiswanya akan terhindar dari pelajaran berhitung. Kalau kamu mencari jurusan kuliah yang tidak ada pelajaran Matematika, maka Psikologi bukan pilihan tepat.

Tidak hanya bertemu dengan angka Statistik, balajar Psikologi juga akan dituntut untuk banyak sekali menghafal, mengalisa, membaca, menyelesaikan kasus-kasus, dan menuntut ketelitian tingkat tinggi.

Ketika lulus, banyak pilihan profesi yang bisa diambil oleh lulusan Psikologi. Tidak hanya berkutat dengan pekerjaan yang berkaitan dengan Psikologi, banyak juga profesi non Psikologi yang bisa diambil oleh lulusannya.

Semoga artikel ini bisa memberikan gambaran bagi kamu yang sedang mencari seperti apa prospek kerja Psikologi dan tentu saja bisa mendapatkan gambaran seperti apa jurusan Psikologi ini.

Lulusan Teknik Informatika yang sudah terjun di dunia internet sejak 2002. Memiliki passion dalam dunia teknologi informasi, internet, gadget, dan teknologi pada umumnya.