18 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Masa Depan Cerah

Mencari jurusan kuliah bertujuan untuk mencari pekerjaan ideal di masa depan. Jurusan apa saja yang memiliki masa depan menjanjikan?

Sobat akan memasuki jenjang kuliah dan sedang mencari jurusan kuliah yang menjanjikan bagi masa depan? Berikut ini beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang sangat menarik dan menjanjikan.

Menentukan jurusan kuliah memang bisa menjadi hal yang sangat menantang. Kalau kamu sedari jenjang SMP sudah memiliki gambaran, tentu persiapan ketika masa SMA bisa menentukan jurusan kuliah yang akan ditempuh.

Namun banyak sekali generasi muda SMA yang bahkan masih sangat bingung mau mengambil jurusan kuliah hingga menjelang kelulusannya. Memang menentukan apa jurusan kuliah yang akan diambil tidak semudah membalik telapak tangan.

Kunci utama ketika menentukan jurusan perkuliahan adalah minat, bakat dan kemampuan.

Ketika kamu mencari jurusan kuliah yang menjanjikan, mari kita sebelumnya sama-sama setuju bahwa yang dimaksud dengan “menjanjikan” adalah berkaitan dengan penghasilan alias gaji besar dan peluang kerjanya tidak sulit.

Kalau kamu saat ini masih memilih dan memilah jurusan kuliah yang menjanjikan untuk masa depanmu, zonapintar.id akan membantu memberikan beberapa pilihan yang bisa kamu pertimbangkan.

Apa Saja Jurusan Kuliah yang Menjanjikan?

Informatika

Kuliah jurusan informatika adalah salah satu jurusan perkuliahan yang sangat menjanjikan baik di masa saat ini hingga masa depan. Dunia digital dan teknologi yang berkembang pesat adalah penyebabnya.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan
Ilustrasi Teknik informatika (Racool_studio / Freepik)

Jurusan informatika sendiri masih terbagi menjadi beberapa jenis tergantung fokus atau konsentrasi bidang yang akan dipelajari, yaitu:

Teknik Informatika

Dikutip dari website Universitas Pasundan, Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer.

Dalam kata lain, bidang studi ini akan melakukan pembahasan terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer yang menggunakan prinsip dan proses logika.

Ilmu Komputer

Ilmu Komputer merupakan bidang studi yang identik dengan computer programming. Kamu akan dibekali keterampilan menyusun algoritma dan programming untuk mengembangkan sebuah aplikasi maupun sistem perangkat lunak.

Selain dua jurusan di atas, beberapa jurusan komputer lain adalah Sistem Informasi, Teknik Komputer, dan Teknologi Informasi.

Semua lulusan jurusan informatika dan komputer akan dicari di hampir semua bidang. Perusahaan atau kantor sudah dipastikan membutuhkan tenaga ahli komputer untuk menjalan kegiatan operasional sehari-hari.

Namun kamu harus tahu, untuk kuliah jurusan informatikan dan komputer dibutuhkan logika dan penghitungan. Jadi kamu harus pintar matematika. Meskipun ini perkuliahan komputer, kamu akan menjumpai rumus matematika dan penggunaan logika.

Kalau kamu berhasil lulus dengan sukses dan benar-benar memahami semua yang kamu dapatkan di bangku kuliah, dijamin mudah mencari kerja. Dan yang pasti, lulusan informatika akan mendapatkan standar gaji yang tinggi di perusahaan yang bonafid.

Meskipun seandainya kamu tidak ingin bekerja di kantor atau perusahaan, dengan skill komputer dan informatika yang kamu miliki, kami bisa dengan mudah membuka peluang usaha sendiri dengan menawarkan jasa atas kemampuanmu dengan penghasilan yang tidak terbatas.

Contohnya:

  • Membuka software house (programmer)
  • Jasa pembuatan website dan sistem informasi (web developer)
  • Membuat aplikasi berbasis web
  • Software enginer
  • Software developer
  • Desain grafis
  • Dan sebagainya.

Bagaimana supaya tidak kelabakan ketika nanti kamu kuliah di jurusan ini? Kamu harus mempersiapkan diri dengan masuk jurusan IPA ketika di SMA.

Teknik

Jurusan teknik adalah salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan dan lulusannya menjadi salah satu yang banyak dicari oleh perusahaan. Jurusan teknik sangat luas dan masih terbagi menjadi beberapa jenis.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan
Ilustrasi Teknik Arsitektur (gambar: Freepik)

Beberapa jurusan teknik yang paling potensial adalah teknik kimia, teknik mesin, teknik sipil, teknik elektro, teknik industri, teknik perminyakan, teknik nuklir, dan arsitektur.

Sama seperti mengambil jurusan kuliah komputer dan informatika, untuk kuliah teknik kamu harus dibekali dengan kemampuan matematika dan logika yang mumpuni. Kamu akan menjumpai mata kuliah penghitungan, pemrogaman dan lainnya yang membutuhkan kemampuan berpikir menggunakan logika.

Akan banyak kegiatan praktikum dan tugas kuliah yang dipastikan akan menguras waktu, tenaga dan pikiranmu. Untuk lulus dengan status layak, kamu harus benar-benar mengikuti semua kegiatan perkuliahan dengan tangguh.

Di beberapa kampus ternama di Indonesia, jurusan teknik adalah jurusan kuliah dengan prestise tinggi dan favorit. Untuk masuk ke jurusan teknik ini (di kampus favorit dan ternama) tentu membutuhkan usaha yang ulet.

Kalau kamu sukses dan lulus dengan predikat memuaskan (dan tentu dengan memiliki skill teknik sesungguhnya), peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji impian sangat besar.

Kalau ingin serius masuk jurusan teknik apapun, persiapkan sedari masa SMA dengan memilih jurusan IPA agar mendapatkan tempaan ilmu yang ideal sebagai modal memasuki kuliah jurusan teknik.

Peluang kerja?

Jangan khawatir, beberapa jurusan teknik yang disebutkan di atas selalu dicari di berbagai iklan lowongan kerja perusahaan apapun.

Meskipun kamu mungkin nanti memilih tidak bekerja dan ingin membuka usaha sendiri, dengan skill yang kamu dapat di bangku kuliah teknik, kamu bisa melakukannya. Contohnya teknik arsitektur, bisa membuka jasa arsitektur sendiri.

Kedokteran

Dokter sangat dicari ketika kita mengalami masalah dengan kondisi kesehatan. Jurusan kedokteran adalah jurusan kuliah yang favorit dan sudah dikenal sulit untuk dimasuki.

Selain membutuhkan otak yang cemerlang, biaya kuliah di kedokteran sungguh besar.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan
Ilustrasi Jurusan Kedokteran (snowing / Freepik)

Namun ketika kamu lulus dan berhasil menjadi dokter, hasilnya akan terasa sangat luar biasa bagi kehidupanmu di masa depan. Terlihat menjanjikan?

Prospek kuliah kedokteran, lulusannya bisa menjadi:

  • Dokter umum
  • Dokter spesialis
  • Dokter gigi
  • Dokter hewan
  • Dosen
  • Peneliti
  • Kepala rumah sakit.

Namun tantangannya adalah, kamu harus pintar dan memiliki modal yang cukup untuk kuliah di kedokteran. Selain itu, jenjang kuliahnya juga memiliki waktu durasi yang lebih lama dibandingkan jurusan kuliah yang lainnya.

Karena setelah lulus kedokteran, ada beberapa langkah yang harus ditempuh untuk menjadi dokter:

  1. Pendidikan profesi (co-ass atau co-assistant)
  2. Ujian sertifikasi
  3. Internship
  4. Pendidikan spesialis.

Jika kamu hanya sekedar lulus S1 kedokteran, gelar yang dimiliki adalah S.Ked (sarjana kedokteran) dan belum bisa membuka prakter sebagai dokter. Untuk menjadi dokter umum, kamu harus melalui sampai langkah ke 3 yaitu internship.

Selesai internship, barulah kamu akan mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR) yang diterbitkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia.

Jika ingin lebih menjanjikan lagi, lanjutkanlah ke pendidikan spesialis. Kamu mungkin sudah tahu biaya berobat ke dokter spesialis seperti apa.

Berikut gambaran pendapatan dokter spesialis berdasarkan sebuah lowongan pekerjaan yang dibuka oleh Rumah Sakit Siaga Medika Banyumas tahun 2018 lalu.

Jurusan kuliah yang menjanjikan
Gaji dokter spesialis

Bagaimana?

Tentu tidak salah memasukkan jurusan kedokteran sebagai salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan.

Hukum

Perusahaan atau kantor apapun itu pasti memiliki divisi hukum atau legal. Atau, ketika kamu membeli properti seperti tanah dan bangunan pasti akan membutuhkan jasa notaris untuk melegalkan secara hukum.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan
Ilustrasi Jurusan Hukum (Racool_studio / Freepik)

Atau mungkin siapapun yang berurusan dengan tindakan penegakan keadilan pasti akan melibatkan hakim dan pengacara. Mereka semua itu adalah para lulusan jurusan hukum.

Kuliah jurusan hukum adalah salah satu yang menjanjikan di dunia kerja. Namun kamu juga harus paham saat ini dan masa depan nanti, para lulusan hukum juga akan melimpah. Kamu juga harus mempersiapkan diri dengan baik agar bisa menjadi lulusan jurusan hukum yang kompeten.

Berikut ini akan kami gambarkan betapa menjanjikannya lulusan hukum yang berhasil menjadi hakim. Kami akan memberikan gambaran seperti apa pendapatan hakim.

Hakim di Indonesia dipastikan statusnya adalah ASN atau PNS. Dalam PNS, ada pembagian golongan atau pangkat.

Jabatan hakim itu sendiri masih dibagi lagi berdasarkan tingkat peradilan:

  • Tingkat 1
  • Tingkat 2
  • Tingkat 3.

Dalam tiap tingkat akan ada yang menjadi ketua, wakil, hakim palu, hakim non palu, hakim adhoc dan seterusnya.

  • Gaji pokok hakim golongan IVA adalah Rp. 5.000.000,-
  • Tunjangan hakim: Rp. 7.000.000 – Rp. 35.000.000,-
  • Tunjangan jabatan, anggap saja menjadi ketua tingkat 2: Rp. 40.000.000 – Rp. 60.000.000,-
  • Gaji ke 13 (setiap tahun): gaji pokok + tunjangan
  • Pensiun: bulan pertama pensiun mendapatkan 3x kali gaji pokok, bulan berikutnya sampai meninggal mendapatkan 60% hingga 80% gaji pokok.

Bagaimana?

Hubungan Internasional

Kalau kamu memiliki angan-angan memiliki pekerjaan yang memberikan peluang ke luar negeri dengan gaji yang menjanjikan (bukan dengan menjadi TKI), inilah salah satu jalan yang bisa kamu pilih.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan
Ilustrasi Hubungan internasional (master1305 / Freepik)

Kuliah hubungan internasional akan memberimu peluang untuk mewujudkannya. Lulusan terbaiknya memiliki kesempatan untuk berkarir dengan penghasilan yang besar. Apa saja peluang kerja bagi lulusan hubungan internasional?

  • Diplomat atau PDK (Pejabat Diplomatik Konsuler)
  • Pegawai di Kementerian Luar Negeri
  • Bekerja di lembaga internasional seperti PBB
  • Politisi
  • Bekerja di perusahaan internasional.

Kuncinya tentu kamu harus menguasi bahasa asing dan memiliki teknik untuk berkomunikasi yang baik. Apa saja bahasa asing yang harus dipahamin seandainya ingin menjadi diplomat?

Beberapa bahasa yang menjadi bahasa standar internasional yang menjadi standar PBB adalah Arab, Tionghoa, Inggris, Perancis, Rusia dan Spanyol.

Kalau kamu mengincar jurusan hubungan internasional, persiapkan sejak masa SMA dengan mempelajari bahasa asing minimal bahasa Inggris.

Akuntansi

Inilah jurusan kuliah yang menjanjikan untuk masa depan. Semua perusahaan dan kantor apapun akan selalu membutuhkan akuntan. Apalagi jika kamu bisa berhasil masuk dan kuliah di STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) atau Politeknik Keuangan Negara STAN.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan
Ilustrasi Akuntansi (katemangostar / Freepik)

Disini kamu akan kuliah dan mendapatkan ikatan dinas. Jadi kamu lulus akan langsung mendapatkan ikatan kerja. Jadi sudah dipastikan masa depanmu akan terjamin jika berhasil masuk ke Politeknik Keuangan Negara STAN.

Bagaimana selain Politeknik Keuangan Negara STAN?

Jangan khawatir, lulusan jurusan akuntansi berpotensi tidak kesulitan mendapatkan pekerjaan. Apa saja prospek kerja bagi lulusan jurusan akuntansi? Pegawai bank, Konsultan pajak hingga auditor di perusahaan-perusahaan.

Kalau kamu tertarik untuk masuk jurusan akuntansi, persiapkan sejak masa SMA dengan masuk jurusan IPS yang memiliki pelajaran akuntansi.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Apakah kamu tahu jurusan kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja? Mungkin dari sebagian kita masih asing dengan jurusan yang satu ini. Namun inilah salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan penghasilan memukau.

Bahkan pemerintah sudah mengeluarkan peraturan bagi perusahaan yang memenuhi kondisi tertentu diwajibkan untuk memasukan staf Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Perusahaan yang memenuhi kriteria berikut ini diwajibkan untuk menerapkan sistem manajemen K3 (PP No 50 Tahun 2012):

  • Seluruh perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja lebih dari 100 orang
  • Seluruh perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja kurang dari 100 orang akan tetapi menggunakan bahan, proses, alat dan atau instalasi yang besar risiko bahaya terhadap keselamatan dan kesehatan kerja.

Industri apa saja yang berpeluang menerapkan dan merekrut tenaga K3?

  • Eksplorasi minyak dan gas alam
  • Pertambangan
  • Manufaktur
  • Industri Kimia (farmasi, petrokimia, dan lain-lain)
  • Fast Moving Consumer Goods (FMCG)
  • Industri Tekstil dan Garmen
  • Bandara, Pelabuhan, dan Stasiun
  • Industri Otomotif
  • Kapal Pesiar, Tanker, dan Kargo
  • Konsultant.

Bagaimana bisa K3 sangat menjanjikan? Silahkan lihat gambar berikut untuk melihat gambaran gaji staf K3 berdasarkan Indonesia Salary Guide 2019.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan
Gaji staf Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Teknik Lingkungan

Kalau kamu mencari jurusan kuliah yang menjanjikan untuk masa depan, mungkin tidak pernah terpikir dengan jurusan teknik lingkungan. Seperti apa kuliah jurusan teknik lingkungan itu?

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan
Ilustrasi Jurusan Teknik Lingkungan (aleksandarlittlewolf / Freepik)

Teknik lingkungan adalah ilmu yang memadukan pengetahuan dalam bidang matematika, kimia, fisika, biologi, ekologi, geologi, hidrogeologi, mikrobiologi, dan hidrologi untuk menciptakan solusi dalam menghadapi permasalahan lingkungan, baik untuk menjaga kelestariannya atau meningkatkan mutunya.

Jurusan ini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan industri, karena tentunya limbah yang dihasilkan oleh masing-masing industri tidak dapat dibuang begitu saja. Harus ada pengolahan yang dilakukan, dan jurusan ini sangat tepat untuk itu.

Apa saja peluang bagi lulusan teknik lingkungan?

  • Pertambangan
  • Perkebunan
  • Industri makanan
  • Analis kimia
  • Ahli konservasi lingkungan
  • Dosen
  • Dan lainnya.

Jurusan ini cocok untuk kamu yang pada saat SMA mengambil jurusan IPA. Karena kamu akan menjumpai mata pelajaran sains, matematika, kimia, fisika dan semua pelajaran yang kamu pelajari yang berhubungan dengan IPA.

Matematika

Matematika bisa dikatakan induk hampir semua keilmuan. Sekolah atau kuliah jurusan apapun pasti akan menjumpai pelajaran matematika. Dan jangan pernah beranggapan bahwa kuliah jurusan matematika hanya untuk jadi guru matematika.

Menguasai matematika maka dunia akan berada dalam genggaman

Banyak sekali lapangan pekerjaan dengan gaji besar yang membutuhkan lulusan jurusan matematika. Kuliah matematika tidak hanya belajar berhitung, namun otakmu akan diajak untuk berpikir analisa dan logika.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan
Ilustrasi Jurusan Matematika (gambar: Freepik)

Berikut ini beberapa peluang kerja yang menjanjikan gaji besar bagi lulusan jurusan matematika:

  • Analis data
  • Dosen
  • Aktuaris
  • Finance risk management
  • Dan sebagainya.

Sedikit gambaran tentang aktuaris. Dikutip dari wikipedia, aktuaris adalah seorang ahli yang bekerja di bidang pengukuran dan manajemen risiko serta ketidakpastian dalam usaha [3].

Gaji untuk seorang karyawan perusahaan asuransi di Jakarta bagian aktuaris dengan pengalaman kurang lebih sekitar 5 tahun berkisar antara 30 hingga 40 juta perbulan. Bahkan banyak yang jauh lebih besar dari itu jika performance pekerjaannya cukup baik.

Meteorologi

Jurusan meteorologi mempelajari semua hal yang berhubungan tentang atmosfer langit bumi dan cuaca, hidrometeorologi, cara memprediksi cuaca berdasarkan komputasi komputer, manajemen informasi yang berhubungan dengan cuaca dan iklim, memperkirakan fase perubahan iklim dan cuaca, dan masih banyak lagi.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan
Ilustrasi data Meteorologi (sumber gambar BMKG)

Jurusan ini sangat dibutuhkan di sektor pemerintahan karena menyangkut hajat hidup orang banyak, seperti memperkirakan kapan musim kemarau dan musim hujan akan tiba, bagaimana keadaan ombak dan angin laut, memperkirakan fenomena alam apa yang dapat menghantam Indonesia dalam kurun waktu tertentu.

Dan yang tidak kalah penting adalah menjadi sumber data bagi dunia penerbangan untuk dapat menentukan jadwal penerbangan, dan masih banyak lagi.

BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) adalah badan pemerintah yang mengurus semua hal yang berhubungan dengan cuaca, iklim, fenomena langit dan bumi yang ada di Indonesia.

Indonesia masih membutuhkan banyak tenaga ahli yang mampu dan berkompeten di bidang ini. Karena itulah jurusan ini menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan.

Sastra Inggris

Mungkin kamu kurang yakin kenapa sasta Inggris bisa masuk dalam rekomendasi jurusan kuliah yang menjanjikan?

Jurusan sastra Inggris mungkin tidak akan sepopuler jurusan favorit lain seperti hukum dan informatika. Namun lulusan sastra Inggris memiliki banyak sekali prospek kerja yang meyakinkan.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan
Ilustrasi Jurusan Sastra Inggris (Waewkidja / Freepik)

Mungkin kamu hanya menduga kalau lulusan sastra Inggris pekerjaannya menjadi penerjemah? Betul, salah satu peluang lulusan jurusan ini adalah menjadi penerjemah. Profesi penerjemah bukanlah profesi yang bisa dianggap sebelah mata.

Apa saja prospek pekerjaan lain yang menjanjikan penghasilan tinggi bagi lulusan sastra Inggris?

  • Dosen
  • Industri pariwisata
  • Penulis dan editor
  • Bidang ekspor dan impor
  • Staf kedutaan besar atau Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Desain Komunikasi Visual (DKV)

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan
Ilustrasi Desain Komunikasi Visual (creativeart / Freepik)

Prospek kerja:

  • Sebagai wirausaha maupun freelancer : desainer grafis, ilustrator, fotografer, animator, web designer
  • Biro konsultan desain (graphic house)
  • Biro iklan (advertising)
  • Rumah produksi (production house)
  • Stasiun TV
  • Percetakan dan penerbitan
  • Hubungan Masyarakat (public relation) lembaga swasta dan pemerintah [4].

DKV bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang mencari jurusan kuliah dengan prospek kerja dan penghasilan yang menjanjikan.

Baca juga: Sekolah Kedinasan di Indonesia

Agroteknologi

Jurusan agroteknologi merupakan jurusan yang berfokus pada penguasaan kompetensi lulusan dalam bidang produksi tanaman yang produktif, berkualitas, dan efisien, dengan menerapkan pengelolaan tanaman, lahan/media tanam (nutrisi dan air), hama-penyakit-gulma dan agro-ekosistem yang terpadu dan lestari (ramah lingkungan dan berkelanjutan) guna menghasilkan produk yang aman dan sesuai dengan keinginan konsumen/pengguna serta memiliki nilai tambah dan berdaya saing.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan
Ilustrasi Agroteknologi (pressfoto / Freepik)

Jurusan ini juga berupaya untuk berkontribusi secara nyata dalam mengatasi beragam permasalahan dalam bidang pertanian-pangan-hortikultura, perbenihan dan perkebunan.

Prospek kerja:

  • Wirausahawan atau pelaku bisnis pada komoditas perkebunan, pangan, hortikultura, dan atau kehutanan
  • Wirausahawan atau pelaku bisnis pada bidang perbenihan, pupuk, pestisida, sarana produksi pertanian lainnya, usaha industri rumah tangga berbasis pangan
  • Perkebunan-perkebunan baik pemerintah dan swasta
  • Industri perbenihan, pupuk, pestisida, agro-chemicals nasional dan multinasional
  • Kementerian pada pemerintah pusat dan berbagai badan dan pusat/balai penelitiannya (Penelitian dan Pengembangan/Litbang)
  • Pemerintahan Daerah (Pemda) provinsi dan kabupaten dengan dinas-dinas teknisnya
  • Lembaga pembiayaan seperti bank-bank pemerintah dan swasta
  • Akademisi dan peneliti di perguruan tinggi ataupun lembaga riset (pemerintah ataupun swasta)
  • Industri pangan, pakan, farmaka dan bioenergi
  • Konsultan profesional di sektor pertanian/perkebunan/lingkungan hidup
  • Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional
  • Badan Pertanahan Nasional (BPN)
  • Fasilitator pemberdaya masyarakat (LSM) dalam bidang agribisnis/pertanian [5].

Ilmu Astronomi

Jurusan kuliah yang menjanjikan berikutnya adalah ilmu astronomi. Astronomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit.

Astronomi memakai ilmu matematika dan fisika agar segala peristiwa yang terjadi di ruang angkasa tidak hanya dapat diamati tapi juga dapat dimengerti dan dimodelkan.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan
Ilustrasi Astronomi

Selain matematika dan fisika, pengembangan perangkat lunak, pemrograman, analisis model, dan statistika juga digunakan dan dilakukan di jurusan ini [6].

Jurusan ini jarang diminati karena peluang kerja praktikalnya di Indonesia sendiri masih sedikit. Namun jangan salah, ke depannya, Indonesia akan membutuhkan banyak tenaga ahli di bidang ini mengingat pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya melakukan penelitian dan pengembangan teknologi yang berhubungan dengan angkasa luar.

Apa saja prospek kerja bagi lulusan ilmu astronomi?

  • Peneliti
  • Dosen
  • Analis sistem pengembang perangkat lunak.

Nutrisi dan Teknologi Pakan

Jurusan ini berfokus untuk menciptakan pakan ternak yang berkualitas dan mendorong pertumbuhan dan kualitas ternak secara keseluruhan.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan
Ilustrasi Nutrisi dan Teknologi Pakan (aleksandarlittlewolf / Freepik)

Jurusan ini mempelajari banyak hal, mulai dari Ilmu Nutrisi Ternak, Biokimia Nutrisi, Produksi Hijauan Pakan, Nutrisi dan Ternak Ruminansia, Nutrisi dan Pakan Unggas, Biokimia Ternak, Enzimologi, Teknologi Fermentasi, Fisiologi Tanaman Pakan, Ilmu Kesuburan Tanah, Nutrisi dan Pakan Non Ruminansia, Fabrikasi Pakan dan masih banyak lagi.

Kenapa jurusan ini menjadi jurusan kuliah yang menjanjikan?

Para lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan di sektor industri peternakan seperti pemerahan susu sapi, peternakan unggas dalam skala besar, peternakan domba untuk diambil bulunya, dan lain lainnya, karena semua hewan yang ada dalam industri tersebut butuh pakan yang berkualitas agar hasil olahan hewan ternak tersebut juga berkualitas.

Prospek kerja:

  • Dosen
  • Nutritionist
  • Produsen pakan
  • Konsultan pakan
  • Supplier pakan
  • Peternak
  • Supervisor
  • Manager lapangan
  • Technical service
  • Perbankan
  • Departemen pertanian
  • Pemerintah daerah
  • Penyuluh pertanian
  • Quality control
  • Quality assurance

Metalurgi dan Material

Jurusan metalurgi dan material mempelajari kemampuan dalam menentukan dan merekayasa, memproses pembuatan dan mengendalikan sifat-sifat material logam maupun non logam yang mengacu kepada permasalahan yang terkait dengan metalurgi dan desain material, proses pembentukan material, selanjutnya ditujukan secara spesifik untuk kebutuhan industri.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan
Ilustrasi Metalurgi (gousa.study)

Kenapa termasuk dalam jurusan kuliah yang menjanjikan?

Lapangan pekerjaan di bidang ini masih terbuka luas. Jurusan ini sangat berguna di sektor industri yang berhubungan penambangan batu bara, mineral, dan pengolahan barang barang yang berhubungan dengan besi.

Industrial Robotic Design

Teknologi digital dan robot diprediksi akan menggantikan 56% tenaga kerja di dunia. Namun, jika kamu seorang profesional di bidang elektro dan robotik, inilah peluangmu untuk bergabung dengan penaklukan industri dengan robotik.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan
Ilustrasi Industrial Robotic Design

Jurusan robotik ini akan membekali mahasiswanya dengan pengetahuan dan keterampilan untuk merancang robot terutama untuk aplikasi industri. Contohnya otomasi proses produksi pada manufaktur mobil, kemasan makanan dan minuman, industri kosmetik dan farmasi.

Sasaran utamanya tentu bekerja di berbagai industri berskala masif yang nantinya akan mulai menerapkan robot sebagai efisiensi kerja. Namun tidak hanya itu saja peluang kerjanya.

Berikut ini beberapa peluang yang menjanjikan dari jurusan desain robotik:

  • Automation/mechatronics engineer : design, implemementation, maintenance
  • Programmer
  • Manager: Project, production, engineering
  • Dosen
  • Peneliti
  • Pegawai pemerintah
  • Enterpreneur

Ilmu Perpustakaan

Mungkin kamu heran kenapa bisa ilmu perpustakaan menjadi jurusan kuliah yang menjanjikan untuk masa depan? Coba perhatikan lowongan kerja tahun 2020 berikut ini yang dibuka oleh kedutaan besar Amerika di Jakarta.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan
Gaji lulusan ilmu perpustakaan di kedutaan Amerika di Jakarta 2020

Perhatikan di bagian salary alias gaji, berapa gaji yang ditawarkan? Rp. 185.884.682,-.

Kamu tidak salah melihat, itu adalah angka 185 jutaan.

Ketika membayangkan ilmu perpustakaan, mungkin kita mengira lulusannya hanyalah menjadi penjaga perpustakaan. Hal tersebut bisa benar dan bisa saja salah dengan beberapa peluang profesi lain yang bisa direngkuh oleh lulusan ilmu perpustakaan.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan
Ilustrasi Ilmu Perpustakaan

Sedikit gambaran saja, ilmu perpustakaan akan mengajarimu untuk:

  • Teknis pengelolaan bahan pustaka
  • Manajemen pengetahuan
  • Literasi informasi
  • Desain database
  • Arsitektur informasi
  • Internet
  • Preservasi informasi
  • Komunikasi
  • Psikologi informasi
  • Komunikasi massa.

Hampir semua instansi dan perusahaan saat ini memiliki perpustakaan. Dan kalau kamu membayangkan perpustakaan adalah tempat membaca buku, itu benar. Namun perpustakaan saat ini juga bertransformasi menjadi sumber informasi digital yang sangat dibutuhkan banyak orang.

Karena ilmu perpustakaan mempelajari manajemen pengelolaan, beberapa peluang kerja yang terbuka untuk lulusan jurusan ini adalah sebagai berikut.

  • Pegawai pemerintah (ASN atau PNS)
  • Document controller
  • Arsiparis
  • Kataloger.

Bagaimana, tentu jurusan ilmu perpustakaan bisa menjadi pilihan yang masuk akan sekali bukan?

Baca juga: 26 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi dan Besaran Gajinya

Kesimpulan

Selain rekomendasi jurusan kuliah yang menjanjikan seperti yang sudah disebutkan di atas, hampir semua jurusan kuliah yang lain juga memiliki prospek yang menjanjikan. Kenapa? Hampir semua jurusan kuliah saat ini dicari oleh industri apapun.

Yang membuatnya menjadi sulit adalah tingkat persaingan yang terjadi di dunia kerja. Skill dan pengalaman bisa menjadi pembeda bagi seorang pencari kerja. Dan satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah jangan lupa berdoa.

Persiapkan dirimu sebaik mungkin sejak dini dengan pengetahuan yang akan mendukung jurusan kuliah yang nantinya akan kamu incar.

Lulusan Teknik Informatika yang sudah terjun di dunia internet sejak 2002. Memiliki passion dalam dunia teknologi informasi, internet, gadget, dan teknologi pada umumnya.