26 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi dan Besaran Gajinya

Ilmu Komunikasi dikenal sebagai jurusan juliah favorit. Dengan tingkat persaingan tinggi, bagaimana prospek kerja Ilmu Komunikasi?

Ilmu Komunikasi setiap tahun selalu ramai peminat dan meluluskan ribuan mahasiswa. Dengan tingkat persaingan tinggi, apa saja prospek kerja Ilmu Komunikasi?

Dari semua studi ilmu sosial, Jurusan Ilmu Komunikasi adalah salah satu jurusan kuliah IPS yang memiliki prospek pekerjaan paling banyak. Kenapa demikian?

Alasan yang pertama karena studi komunikasi adalah studi campuran antara pengetahuan teoritik dan praktek. Yang kedua karena kita saat ini berada di era informasi di mana media memegang peranan vital.

Apa Itu Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi adalah disiplin ilmu yang mempelajari dan menjelaskan usaha manusia berbagi pengetahuan dan informasi serta saling memahami satu sama lain melalui proses pertukaran pesan.

Oleh sebab itu, Ilmu Komunikasi memusatkan perhatiannya pada faktor-faktor sosial, politis, kultural, dan teknologi yang berperan dalam proses komunikasi baik pada konteks interpersonal, kelompok, organisasional, publik, dan bermedia [1].

Secara umum, jurusan kuliah Ilmu Komunikasi biasanya terbagi dua (tergantung masing-masing Perguruan Tinggi), yaitu konsentrasi media dan komunikasi strategis.

Penamaan dan pembagian konsentrasi ini bisa bervariasi tiap Universitas. Kedua konsentrasi ini nantinya punya prospek kerja bergantung dari bidang yang menjadi fokus pengajarannya.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi dan Gajinya

Reporter

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Reporter (shutterstock.com)

Reporter adalah tipe jurnalis yang meneliti, menulis, dan melaporkan informasi untuk disajikan menggunakan sumber secara langsung. Dalam proses pengumpulan informasi, Reporter memerlukan wawancara dan penulisan artikel.

Gaji Reporter

Gaji seorang reporter tentu sangat bervariasi. Rata-rata gaji reporter berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 8.000.000 perbulan. Berikut ini contoh lowongan kerja sebagai reporter.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Gaji Reporter

Editor

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Editor (shutterstock.com)

Seperti apakah pekerjaan Editor? Editor memiliki tugas dan tanggung jawab merencanakan, merevisi, dan mengoordinasikan materi untuk publikasi di surat kabar, media online, majalah, buku, atau situs web.

Editor meninjau ide cerita dan menentukan materi apa yang paling mungkin menyenangkan dan cocok untuk pembaca serta menawarkan saran untuk meningkatkan produk dan menyarankan tajuk utama dan judul.

Gaji Editor

Rata-rata gaji Editor bervariasi tergantung pada jenis apa media yang akan dilakukan proses editing. Namun rata-rata gaji Editor berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 10.000.000 perbulan. Berikut ini salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai editor buku.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Gaji Editor Buku

Content Writer

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Content Writer (shutterstock.com)

Apa itu Content Writer? Content Writer atau penulis konten adalah seseorang yang mengkhususkan diri dalam menghasilkan konten tertulis yang relevan dan menarik untuk situs web.

Setiap situs web dirancang dengan target audiens tertentu dan membutuhkan konten yang ditulis dengan baik, informatif, dan umumnya berkualitas tinggi untuk menyampaikan informasi kepada audiens tersebut.

Gaji Content Writer

Gaji seorang Content Writer saat ini sungguh menggiurkan. Banyak perusahaan berani memberikan gaji tinggi untuk jenis pekerjaan ini. Rata-rata gaji Content Writer saat ini berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 17.000.000.

Berikut ini salah satu contoh lowongan kerja sebagai Content Writer.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Gaji Content Writer

Content Creator

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Content Creator (shutterstock.com)

Apa itu Content Creator? Content Creator atau pembuat konten memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membuat atau berkontribusi pada produksi media apa pun, tetapi yang paling menonjol adalah di media digital.

Gaji Content Creator

Gaji Content Creator saat ini rata-rata berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 15.000.000 perbulannya. Berikut ini contoh lowongan pekerjaan sebagai Content Creator.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Gaji Content Creator

Copywriter

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Copywriter (shutterstock.com)

Apa itu Copywriter? Copywriter adalah penulis profesional yang bertanggung jawab untuk menulis teks, atau salinan, yang digunakan dalam materi pemasaran dan promosi.

Gaji Copywriter

Rata-rata gaji sebagai seorang Copywriter saat ini berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 10.000.000 perbulan. Di bawah ini salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai Copywriter.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Gaji Copywriter

Corporate Communication

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Corporate Communication (shutterstock.com)

Jenis pekerjaan apakah Corporate Communication? Seorang Corporate Communication memiliki tugas mengelola dan mengatur serangkaian kegiatan komunikasi internal dan eksternal yang bertujuan untuk menciptakan sudut pandang yang menguntungkan (memberikan citra positif) di antara para pemangku kepentingan di mana perusahaan tersebut bergantung.

Gaji Corporate Communication

Corporate Communication adalah jenis pekerjaan dengan gaji yang sangat besar. Rata-rata gaji seorang Corporate Communication berkisar antara Rp. 8.000.000 hingga Rp. 30.000.000 perbulan.

Berikut ini salah satu contoh lowongan kerja sebagai Corporate Communication.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Gaji Corporate Communication

Partner Communication

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Partner Communication (shutterstock.com)

Apa itu Partner Communication? Partner Communication memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memberikan nasihat, perencanaan peninjauan, dan dukungan komunikasi strategis berkualitas tinggi kepada rekanan perusahaan.

Gaji Partner Communication

Rata-rata gaji Partner Communication saat ini berkisar antara Rp. 6.000.000 hingga Rp. 15.000.000 perbulan. Berikut ini salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai Partner Communication atau Business Partner.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Gaji Partner Communication

Customer Service

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Customer Service (shutterstock.com)

Seperti apakah jenis pekerjaan Customer Service? Seorang Customer Service atau CS bertugas memberikan tindakan pendukung kepada pelanggan dalam memberikan informasi, penggunaan, pengoptimalan, dan pemecahan masalah produk atau layanan yang diberikan oleh perusahaan.

Baca juga: 21 Prospek Kerja Psikologi dan Besaran Gajinya

Gaji Customer Service

Gaji Customer Service sangat bervariasi tergantung besar kecilnya perusahaan. Namun rata-rata gaji Customer Service saat ini berkisar antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 10.000.000 perbulan. Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan kerja sebagai Customer Service.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Gaji Customer Service

Customer Care

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Customer Care (shutterstock.com)

Apa pekerjaan yang dilakukan oleh Customer Care? Customer Care bertanggung jawab untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan memastikan kepuasan mereka terhadap produk dan layanan yang diberikan oleh perusahaan.

Gaji Customer Care

Rata-rata gaji Customer Care saat ini berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 10.000.000 perbulan. Berikut ini salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai Customer Care.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Gaji Customer Care

Public Relations Specialist

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Public Relations Specialist (shutterstock.com)

Apa itu Public Relations Specialist? Public Relations Specialist memiliki tugas menciptakan dan memelihara citra publik yang baik untuk organisasi atau perusahaan yang mereka wakili.

PR Specialist membuat rilis media dan mengembangkan program media sosial untuk membentuk persepsi publik tentang organisasi atau perusahaan mereka.

Gaji Public Relations Specialist

Rata-rata gaji seorang Public Relations Specialist saat ini berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 10.000.000 perbulan.

Berikut ini salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai Public Relations (PR).

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Gaji Public Relations Specialist

Customer Service Analyst

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Customer Service Analyst (shutterstock.com)

Customer Service Analyst bertanggung jawab menganalisis operasional divisi layanan pelanggan (Customer Service) dan memberikan rekomendasi tentang cara untuk meningkatkan produktivitas dan tingkat kepuasan pelanggan.

Customer Service Analyst biasanya juga terjun langsung menghadapi pelanggan untuk membantu memecahkan masalah dan menyelesaikan ketidakpuasan pelanggan.

Gaji Customer Service Analyst

Rata-rata gaji Customer Service Analyst saat berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 10.000.000 perbulan. Berikut ini salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai Customer Service Analyst.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Gaji Customer Service Analyst

Customer Relationship Management (CRM)

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Customer Relationship Management (CRM) (shutterstock.com)

Customer Relationship Management (CRM) memiliki tugas untuk mengelola interaksi dengan pelanggan dan calon pelanggan menggunakan kombinasi dari praktik, strategi, dan penggunaan teknologi untuk mengelola serta menganalisis pelanggan.

Sistem CRM membantu organisasi atau perusahaan membangun hubungan dengan pelanggan dan merampingkan proses sehingga mereka dapat meningkatkan penjualan, meningkatkan layanan pelanggan, dan meningkatkan profitabilitas.

Gaji Customer Relationship Management

Rata-rata gaji yang didapatkan oleh Customer Relationship Management (CRM) cukup tinggi. Seorang CRM akan mendapatkan gaji antara Rp. 7.000.000 hingga Rp. 15.000.000 perbulan.

Di bawah ini salah satu contoh lowongan kerja sebagai Customer Relationship Management (CRM).

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Gaji Customer Relationship Management CRM

Jurnalis

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Jurnalis (shutterstock.com)

Apa itu Jurnalis? Jurnalis bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi dalam bentuk teks, audio atau gambar, dan kemudian mengolahnya menjadi bentuk berita yang bernilai dan menyebarkannya kepada publik. Tindakan atau proses yang dilakukan oleh jurnalis disebut jurnalisme.

Gaji Jurnalis

Gaji jurnalis sangat bervariasi tergantung pada besar kecilnya media dimana dia bekerja dan kemampuan dalam pemenuhan targetnya. Rata-rata gaji Jurnalis berkisar antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 10.000.000 perbulannya. Berikut ini salah satu contoh lowongan kerja sebagai Jurnalis.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Lowongan Kerja Jurnalis

Tim Redaksi

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Tim Redaksi (shutterstock.com)

Tim Redaksi adalah sekelompok orang yang memiliki wewenang dan tanggung jawab menentukan arah kebijakan editorial, seperti meninjau naskah yang dikirimkan, memberi nasihat tentang kebijakan dan ruang lingkup jurnal, dan mengidentifikasi topik untuk berita.

Gaji Redaksi

Berapa besaran gaji staf Redaksi? Rata-rata gaji Redaksi berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 15.000.000 perbulannya.

Public Speaker

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Public Speaker (shutterstock.com)

Public Speaker adalah seseorang yang memberikan ceramah kepada sekelompok orang dalam skala besar baik itu secara publik maupun privat, seperti acara perusahaan untuk karyawannya. Public Speaker akan diberi kompensasi atas waktu dan bakat mereka menyampaikan ceramah di depan khalayak ramai.

Dalam perusahaan, Public Speaker biasanya akan berada dalam naungan divisi Human Resources atau SDM sebagai bagian dari training pegawai perusahaan.

Gaji Public Speaker

Jika seorang Public Speaker adalah seorang freelance, tentu gajinya tidak ada patokan khusus. Itu semua tergantung kepada kemampuan, latar belakang dan nama besar Public Speaker itu sendiri. Rata-rata pendapatan Public Speaker perbulan bisa mencapai nominal puluhan juta.

Namun jabatan Public Speaker di sebuah perusahaan dan berada di divisi SDM, rata-rata gaji yang didapatkan perbulan berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 10.000.000.

Event Organizer

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Event Organizer (shutterstock.com)

Apa itu Event Organizer? Event Organizer adalah seorang atau tim yang bertanggung jawab untuk merencanakan, mengelola, dan mengatur acara supaya berjalan dengan lancar dengan cara yang paling efisien dan hemat biaya.

Gaji Event Organizer

Event Organizer adalah salah satu prospek pekerjaan yang menjanjikan. Rata-rata gaji yang didapatkan oleh staf Event Organizer berkisar antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 10.000.000 tergantung pada jabatannya. Berikut ini salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai Event Organizer Marketing.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Gaji Event Organizer

Social Media Specialist

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Social Media Specialist (shutterstock.com)

Seperti apakah pekerjaan Social Media Specialist? Social Media Specialist memiliki tugas dan tanggung jawab untuk merencanakan, menerapkan, dan memantau strategi media sosial perusahaan untuk meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan upaya pemasaran, dan meningkatkan penjualan.

Gaji Social Media Specialist

Gaji seorang Social Media Specialist saat ini cukup menggiurkan. Rata-rata gaji yang bisa didapatkan oleh Social Media Specialist berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 15.000.000 perbulan. Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai Social Media Specialist.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Lowongan dan Gaji Social Media Specialist

Script Writer

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Script Writer (shutterstock.com)

Script Writer atau penulis naskah adalah orang yang bertanggung jawab untuk menciptakan cerita dan arahan naratif dari segala hal mulai dari film layar lebar, film televisi, teater, video game dan iklan.

Gaji Script Writer

Rata-rata gaji seorang Script Writer saat ini berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 10.000.000 perbulan. Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan Script Writer.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Lowongan dan Gaji Script Writer

Video Editor

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Video Editor (shutterstock.com)

Video Editor adalah orang yang melakukan proses memanipulasi dan mengatur ulang (editing) hasil jepretan video untuk membuat karya baru. Video Editor menggunakan rekaman, suara, dan grafik untuk menceritakan sebuah cerita.

Dalam pembuatan sebuah film, Video Editor bekerja sama dengan sutradara untuk memberikan sentuhan hasil akhir film, dengan tujuan menyampaikan cerita dengan cara yang paling efektif dan menarik. Video Editor akan melakukan pemotongan dan pengaturan ulang adegan sesuai arahan sutradara.

Gaji Video Editor

Rata-rata gaji yang bisa didapatkan oleh Video Editor berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 15.000.000 perbulannya (dan bahkan bisa lebih mencapai ratusan juta).

Berikut ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai Video Editor.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Lowongan dan Gaji Video Editor

Graphic Designer

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Graphic Designer (shutterstock.com)

Graphic Designer atau desainer grafis adalah orang yang merancang dengan mengumpulkan gambar, tipografi, atau grafik gerak untuk membuat sebuah desain. Mereka juga terkadang bertanggung jawab atas penyusunan huruf, ilustrasi, antarmuka pengguna, dan desain website.

Gaji Graphic Designer

Graphic Designer adalah salah satu jenis pekerjaan dengan pendapatan yang tinggi. Seorang freelancer Graphic Designer bisa mendapatkan pemasukan yang fantastis jika bisa mengetahui pangsa pasarnya. Mereka bisa menawarkan jasanya di berbagai platform penawaran jasa online seperti contohnya Fiverr.

Jika bekerja di perusahaan, rata-rata gaji seorang Graphic Designer saat ini berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 15.000.000 perbulannya.

Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai Graphic Designer.

Prospek Kerja Ilmu KomunikasiProspek Kerja Ilmu Komunikasi
Lowongan dan Gaji Graphic Designer

Sales Representative

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Sales Representative (shutterstock.com)

Apa itu Sales Representative? Sales Representative memiliki tugas memastikan pelanggan memiliki produk dan layanan yang tepat, mengidentifikasi pasar baru, menemukan calon pelanggan yang prospektif, dan mempromosikan barang atau jasa kepada calon pelanggan.

Sales Representative adalah garda terdepan antara perusahaan dan pelanggannya.

Gaji Sales Representative

Rata-rata gaji seorang Sales Representative saat ini berkisar antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 10.000.000 perbulannya. Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan Sales Representative.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Lowongan dan Gaji Sales Representative

Account Executive

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Account Executive (shutterstock.com)

Jenis pekerjaan apakah Account Executive? Account Executive adalah orang yang memiliki tugas dan tanggung jawab membantu mengembangkan perusahaan mereka dengan menemukan prospek, menutup penjualan, mendukung klien yang ada, merumuskan strategi penjualan, dan mengkomunikasikan nilai produk kepada klien.

Gaji Account Executive

Rata-rata gaji yang didapatkan oleh Account Executive adalah Rp. 5.000.000 hingga Rp. 15.000.000 perbulannya. Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan Account Executive.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Lowongan dan Gaji Account Executive

Brand Executive

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Brand Executive (shutterstock.com)

Apa jenis pekerjaan Brand Executive? Brand Executive memiliki tugas mengelola kampanye, strategi media sosial, dan menggambarkan citra publik perusahaan atau klien.

Tugasnya termasuk melakukan penelitian tentang persaingan di pasar, mengembangkan kampanye dan strategi pemasaran, memanajemen tim kreatif, dan mengawasi desain dan implementasi konsep merek baru.

Gaji Brand Executive

Rata-rata gaji seorang Brand Executive saat ini berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 15.000.000 perbulan. Berikut ini salah satu contoh lowongan pekerjaan Brand Executive.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Lowongan dan Gaji Brand Executive

Marketing Communication

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Marketing Communication
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Marketing Communication (shutterstock.com)

Jenis pekerjaan apakah Marketing Communication? Tugas Marketing Communication mengatur strategi komunikasi pemasaran untuk mencapai target pasarnya melalui berbagai jenis komunikasi.

Tugas Marketing Communication meliputi periklanan, pemasaran langsung, branding, pengemasan, aktivitas Public Relation (PR), presentasi penjualan, sponsorhip, mengadakan pameran dagang, dan lain-lainnya.

Gaji Marketing Communication

Berapa gaji yang didapatkan oleh Marketing Communication? Saat ini rata-rata gaji seorang Marketing Communication berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 15.000.000 perbulan.

Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan dan gaji Marketing Communication.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Lowongan dan Gaji Marketing Communication

Marketing Officer

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Marketing Officer (shutterstock.com)

Marketing Officer memiliki tugas dan tanggung jawab membantu membuat dan menyampaikan strategi pemasaran dan kampanye untuk perusahaan mereka. Posisi Marketing Officer biasanya bekerja langsung di bawah Manajer Pemasaran.

Gaji Marketing Officer

Berapa gaji seorang Marketing Officer? Rata-rata gaji Marketing Officer saat ini berkisar antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 6.000.000 perbulan. Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan dan besaran gaji Marketing Officer.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Lowongan dan Gaji Marketing Officer

Digital Marketing

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Digital Marketing (shutterstock.com)

Digital Marketing memiliki tugas melakukan promosi perusahaan melalui saluran digital seperti mesin pencari (Search Engine), situs web, media sosial, email, perangkat seluler, dan aplikasi seluler. Posisi Digital Marketing biasanya bekerja langsung di bawah Manajer Pemasaran.

Gaji Digital Marketing

Berapa gaji Digital Marketing? Sata ini rata-rata gaji seorang Digital Marketing berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 8.000.000 perbulan. Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan kerja Digital Marketing.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Lowongan dan Gaji Digital Marketing

Baca juga: 21 Prospek Kerja Manajemen dan Besaran Gajinya

Kesimpulan

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, komunikasi saat ini semakin cepat dan mudah. Ilmu Komunikasi sebagai salah satu jurusan kuliah mengajarkan berbagai ilmu tentang saling memahami satu sama lain melalui proses pertukaran pesan.

Sebagai salah satu jurusan sosial yang favorit, lulusan jurusan Ilmu Komunikasi juga menjadi salah satu yang paling banyak dicari di dunia kerja. Terbukti dengan banyaknya prospek kerja Ilmu Komunikasi yang beberapa di antaranya sudah disebutkan di atas.

Lulusan Teknik Informatika yang sudah terjun di dunia internet sejak 2002. Memiliki passion dalam dunia teknologi informasi, internet, gadget, dan teknologi pada umumnya.