25 Prospek Kerja Teknik Sipil dan Besaran Gajinya

Mau kuliah jurusan Teknik Sipil? Jangan khawatir, banyak sekali peluang kerja bagi para lululusannya. Apa saja? Berikut ini rinciannya.

Teknik Sipil adalah jurusan dengan prospek kerja melimpah bagi para lulusannya sehingga bisa jadi pilihan jurusanmu. Apa sajakah prospek kerja teknik sipil?

Jurusan Teknik Sipil adalah salah satu jurusan kuliah IPA. Mahasiswanya dipastikan akan bertemu dengan beberapa mata kuliah seperti Matematika dan terutama Fisika (Teknik Sipil akan berkutat dengan struktur prinsip Mekanika, Fluida, Elastisitas, dan lain-lain yang menggunakan prinsip Fisika).

Apa Itu Teknik Sipil?

Apa itu jurusan Teknik Sipil? Teknik Sipil adalah ilmu terapan yang mencakup teknologi merancang, membangun, dan memelihara serta memperbaiki bangunan.

Bangunan yang dimaksud di sini sangat beragam, mulai dari bangunan rumah sederhana dan gedung-gedung bertingkat, jembatan, bendungan, hingga bangunan sarana dan prasarana transportasi, jembatan, bendungan, pengairan, prasarana produksi, hingga bangunan-bangunan lepas pantai seperti pada fasilitas pengeboran minyak lepas pantai, serta berbagai fasilitas pembangkit dan transmisi energi [1].

Teknik Sipil memiliki beberapa cabang ilmu antara lain:

  1. Struktur Bangunan
  2. Geoteknik
  3. Hidrologi
  4. Transportasi
  5. Manajemen Konstruksi.

Dari beberapa cabang ilmu inilah nanti arah pekerjaan lulusannya bisa ditentukan. Apa saja prospek kerja lulusan Teknik Sipil?

Prospek Kerja Teknik Sipil dan Gaji

Construction Management Supervisor

Prospek Kerja Teknik Sipil Construction Management Supervisor
Prospek Kerja Teknik Sipil Construction Management Supervisor (shutterstock.com)

Jenis pekerjaan apakah Construction Management Supervisor? Construction Management Supervisor memiliki tugas dan tanggung jawab mengawasi dan memimpin berbagai proyek pembangunan dari awal hingga akhir.

Construction Management Supervisor bertanggung jawab untuk menetapkan jadwal pekerjaan, memantau keuangan, dan memastikan bahwa setiap orang yang berada di dalam komandonya melakukan apa yang harus dikerjakan setiap hari.

Construction Management Supervisor juga bisa disebut sebagai Pimpinan Proyek.

Gaji Construction Management Supervisor

Berapa gaji jabatan Construction Management Supervisor? Rata-rata gaji yang didapatkan oleh Construction Management Supervisor berkisar antara Rp. 8.000.000 hingga Rp. 15.000.000 perbulan.

Berikut ini salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai Construction Management Supervisor atau Pimpinan Proyek dan besaran gajinya.

Prospek Kerja Teknik Sipil
Lowongan dan Gaji Construction Management Supervisor

Project General Manager

Prospek Kerja Teknik Sipil Project General Manager
Prospek Kerja Teknik Sipil Project General Manager (shutterstock.com)

Apakah itu Project General Manager? Project General Manager adalah orang yang bertanggung jawab pada keseluruhan kegiatan dan proses proyek sipil, serta memastikan koordinasi dan pemanfaatan sumber daya yang optimal. Ini adalah pucuk pimpinan proyek sipil secara keseluruhan.

Gaji Project General Manager

Gaji Project General Manager berkisar antara Rp. 10.000.000 juta hingga Rp. 45.000.000 perbulan (bahkan bisa lebih).

Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan Project General Manager dan jumlah gajinya.

Prospek Kerja Teknik Sipil
Lowongan dan Gaji Project General Manager

Drafter

Prospek Kerja Teknik Sipil Drafter
Prospek Kerja Teknik Sipil Drafter (shutterstock.com)

Drafter memiliki tugas mempersiapkan dan membuat gambar teknis dengan menggunakan perangkat lunak khusus atau teknik manual, untuk menunjukkan dan merencanakan bagaimana sesuatu itu dibangun.

Gambar rancangan Drafter menunjukkan detail teknis produk dan struktur, dan menentukan dimensi, bahan, dan prosedur yang akan digunakan.

Gaji Drafter

Rata-rata gaji seorang Drafter berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 10.000.000 perbulan. Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai Drafter dan jumlah gajinya.

Prospek Kerja Teknik Sipil
Gaji dan Lowongan Drafter

Project Manager

Prospek Kerja Teknik Sipil Project Manager
Prospek Kerja Teknik Sipil Project Manager (shutterstock.com)

Apa pekerjaan yang dilakukan oleh Project Manager? Project Manager memainkan peran utama dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, pengendalian dan penutupan proyek. Mereka bertanggung jawab atas seluruh lingkup proyek, tim proyek, sumber daya, dan keberhasilan atau kegagalan proyek.

Gaji Project Manager

Jabatan Project Manager rata-rata akan mendapatkan gaji berkisar antara Rp. 8.000.000 hingga Rp. 15.000.000 perbulan (bahkan bisa lebih).

Berikut ini contoh lowongan pekerjaan sebagai Project Manager dan besaran gajinya.

Prospek Kerja Teknik Sipil
Lowongan dan Gaji Project Manager

Konsultan Perencana

Prospek Kerja Teknik Sipil Konsultan Perencana
Prospek Kerja Teknik Sipil Konsultan Perencana (shutterstock.com)

Konsultan Perencana adalah seorang profesional yang memberikan berbagai nasihat tentang semua hal yang berkaitan dengan perencanaan, pengembangan, dan masalah lingkungan yang mengelilingi proyek bangunan.

Mereka akan memberikan keahlian mereka untuk membuat perencanaan berjalan seefektif mungkin, dan untuk memastikan bahwa perencanaan dan produksi proyek berjalan dengan lancar hingga proyek selesai.

Gaji Konsultan Perencana

Konsultan Perencana biasanya tidak menerima gaji bulanan. Mereka dibayar per proyek. Konsultan Perencana akan mendampingi sebuah proyek hingga berakhir.

Besar kecilnya honor yang mereka terima tergantung pada skala proyek yang dikerjakan. Honor minimal yang bisa diterima oleh Konsultan Perencana adalah setidaknya Rp. 8.000.000 untuk proyek menengah.

Kontraktor

Prospek Kerja Teknik Sipil Kontraktor
Prospek Kerja Teknik Sipil Kontraktor (shutterstock.com)

Kontraktor adalah orang atau perusahaan yang bekerja berdasarkan kontrak, menegosiasikan kesepakatan dengan klien yang berbeda untuk mengerjakan pekerjaan atau proyek tertentu.

Tidak seperti karyawan, kontraktor tidak melakukan pekerjaan rutin hanya untuk satu klien. Sebaliknya, mereka bekerja untuk sejumlah klien yang berbeda jika diperlukan.

Baca juga: Jurusan Teknologi Pangan: Informasi Kuliah dan Prospek Kerja

Gaji Kontraktor

Kontraktor menerima pemasukan berdasarkan besar kecilnya proyek yang mereka kerjakan. Menghitung pendapatan bulanan Kontraktor tentu tidak memungkinkan karena naik turun.

Namun untuk proyek kelas menengah, rata-rata kontraktor bisa mendapatkan pemasukan bersih puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Surveyor Proyek

Prospek Kerja Teknik Sipil Surveyor Proyek
Prospek Kerja Teknik Sipil Surveyor Proyek (shutterstock.com)

Surveyor Proyek adalah orang yang bertugas memeriksa keakuratan data survei, termasuk pengukuran dan perhitungan yang dilakukan di lokasi proyek.

Gaji Surveyor Proyek

Berapa gaji Surveyor Proyek? Rata-rata gaji Surveyor Proyek saat ini berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 8.000.000 perbulan. Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan kerja Surveyor Proyek dan jumlah gajinya.

Prospek Kerja Teknik Sipil
Lowongan dan Gaji Surveyor Proyek

Site Engineer

Prospek Kerja Teknik Sipil Site Engineer
Prospek Kerja Teknik Sipil Site Engineer (shutterstock.com)

Apa itu Site Engineer? Site Engineer adalah orang yang bertugas dan memiliki tanggung jawab untuk menangani keseluruhan proyek konstruksi meliputi hal teknis, organisasi, dan pengawasan.

Site Engineer akan menetapkan dan menentukan lokasi untuk instalasi infrastruktur, menerapkan desain dan rencana, memperhitungkan keamanan proyek, kesehatan dan keselamatan para pekerja, serta pengaturan dan pengawasan material dan sumber daya manusia.

Gaji Site Engineer

Berapa gaji Site Engineer? Rata-rata gaji Site Engineer berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 10.000.000 perbulan. Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan kerja sebagai Site Engineer dan besaran gajinya.

Prospek Kerja Teknik Sipil
Lowongan dan Gaji Site Engineer

Manajer Teknik

Prospek Kerja Teknik Sipil Manajer Teknik
Prospek Kerja Teknik Sipil Manajer Teknik (shutterstock.com)

Manajer Teknik adalah orang yang memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa proyek-proyek utama dan tugas-tugas teknik terpenuhi. Mereka bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah teknik apa pun yang muncul dalam sebuah proyek.

Salah satu keterampilan terpenting yang harus dimiliki oleh seorang manajer teknik adalah kemampuan untuk mendelegasikan pekerjaan secara efektif.

Gaji Manajer Teknik

Rata-rata gaji seorang Manajer Teknik berkisar antara Rp. 5.000.000 juta hingga Rp. 10.000.000 perbulan. Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan kerja Manajer Teknik dan jumlah gajinya.

Prospek Kerja Teknik Sipil
Lowongan dan Gaji Manajer Teknik

Structural Engineer

Prospek Kerja Teknik Sipil Structural Engineer
Prospek Kerja Teknik Sipil Structural Engineer (shutterstock.com)

Jenis pekerjaan apakah Structural Engineer? Structural Engineer adalah orang yang bertugas dan bertanggung jawab dalam merancang struktur keamanan bangunan dan penggunaan material yang tepat, serta meningkatkan integritas struktur bangunan yang ada.

Gaji Structural Engineer

Berapa gaji Structural Engineer? Rata-rata gaji Structural Engineer berkisar antara Rp. 8.000.000 juta hingga Rp. 40.000.000 perbulan.

Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan kerja Structural Engineer dan besaran gajinya.

Prospek Kerja Teknik Sipil
Lowongan dan Gaji Structural Engineer

Telemarketing Konstruksi

Prospek Kerja Teknik Sipil Telemarketing Konstruksi
Prospek Kerja Teknik Sipil Telemarketing Konstruksi (shutterstock.com)

Telemarketing Konstruksi adalah orang yang bertugas melakukan pemasaran secara langsung barang atau jasa yang berhubungan dengan konstruksi ke pelanggan potensial baik melalui telepon secara langsung atau melalui internet.

Gaji Telemarketing Konstruksi

Berapa gaji Telemarketing Konstruksi? Rata-rata gaji jabatan Telemarketing Konstruksi berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 8.000.000 perbulan dan bahkan bisa lebih jika bisa mencapai target tertentu.

Di bawah ini adalah contoh lowongan pekerjaan sebagai Telemarketing Konstruksi dan besaran gajinya.

Prospek Kerja Teknik Sipil
Lowongan dan Gaji Telemarketing Konstruksi

Project Supervisor

Prospek Kerja Teknik Sipil Project Supervisor
Prospek Kerja Teknik Sipil Project Supervisor (shutterstock.com)

Apa itu Project Supervisor? Project Supervisor adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan semua kebutuhan tenaga kerja untuk proyek.

Tugasnya adalah memilih anggota tim internal, serta mempekerjakan dan melatih tenaga kerja eksternal bila diperlukan. Ini juga melibatkan pembuatan dan pengiriman instruksi proyek kepada semua anggota tim.

Gaji Project Supervisor

Berapa besar gaji seorang Project Supervisor? Saat ini rata-rata gaji bulanan Project Supervisor berkisar antara Rp. 8.000.000 juta hingga Rp. 10.000.000.

Management Trainee

Prospek Kerja Teknik Sipil Management Trainee
Prospek Kerja Teknik Sipil Management Trainee (shutterstock.com)

Management Trainee adalah peserta pelatihan manajemen yang bekerja di bawah pengawasan manajer di perusahaan. Tujuan mereka adalah memperoleh semua pengetahuan penting untuk menjadi manajer masa depan, seringkali di bidang tertentu, seperti pemasaran, penjualan, atau operasional.

Gaji Management Trainee

Rata-rata gaji Management Trainee saat ini berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 10.000.000 perbulan. Berikut ini salah satu contoh lowongan kerja Management Trainee dan gajinya.

Prospek Kerja Teknik Sipil
Lowongan dan Gaji Management Trainee

Procurement

Prospek Kerja Teknik Sipil Procurement
Prospek Kerja Teknik Sipil Procurement (shutterstock.com)

Apa pekerjaan yang dikerjakan oleh Procurement? Procurement adalah staf operasional yang bertugas untuk mencari, membeli dan mengevaluasi pemasok material, produk, dan layanan, menegosiasikan kontrak, dan memastikan bahwa pembelian yang dilakukan hemat biaya dan berkualitas tinggi.

Gaji Procurement

Rata-rata gaji staf Procurement berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 8.000.000 perbulan. Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai staf Procurement dan jumlah gajinya.

Prospek Kerja Teknik Sipil
Lowongan dan Gaji Procurement

Project Engineer

Prospek Kerja Teknik Sipil Project Engineer
Prospek Kerja Teknik Sipil Project Engineer (shutterstock.com)

Apa itu Project Engineer? Project Engineer adalah orang yang bertanggung jawab menyusun persiapan jadwal, perencanaan dan perkiraan sumber daya untuk teknik, mengelola sumber daya manusia untuk proyek, dan kegiatan teknis lainnya yang berkaitan dengan proyek.

Gaji Project Engineer

Berapa gaji Project Engineer? Rata-rata gaji Project Engineer saat ini berkisar antara Rp. 6.000.000 hingga Rp. 10.000.000.

Estimator

Prospek Kerja Teknik Sipil Estimator
Prospek Kerja Teknik Sipil Estimator (shutterstock.com)

Prospek kerja Teknik Sipil yang berikutnya adalah sebagai Estimator.

Seperti apakah tugas Estimator? Estimator adalah orang yang bertugas menyusun penilaian tentang berapa biaya untuk menyediakan produk atau layanan kepada klien, atau klien potensial.

Estimator akan memperhitungkan semua informasi terkait tentang setiap proyek bangunan dan memutuskan berapa biayanya untuk memenuhi kebutuhan proyek.

Gaji Estimator

Untuk jabatan Estimator, rata-rata gaji yang bisa diterima adalah antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 8.000.000 perbulan.

Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan dan besaran gaji untuk Estimator.

Prospek Kerja Teknik Sipil
Lowongan dan Gaji Estimator

Pelaksana Proyek

Prospek Kerja Teknik Sipil Pelaksana Proyek
Prospek Kerja Teknik Sipil Pelaksana Proyek (shutterstock.com)

Pelaksana Proyek adalah orang yang bertugas memberikan dukungan teknis dan non teknis untuk sebuah proyek. Pelaksana Proyek bekerja di bawah komando Manajer Proyek dan bekerja bersama anggota tim lainnya untuk mencapai keberhasilan proyek.

Gaji Pelaksana Proyek

Berapa gaji yang didapatkan oleh Pelaksana Proyek? Rata-rata gaji Pelaksana Proyek berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 7.000.000 perbulannya.

Berikut ini adalah contoh lowongan pekerjaan sebagai Pelaksana Proyek atau Pelaksana Lapangan dan jumlah gajinya.

Prospek Kerja Teknik Sipil
Lowongan dan Gaji Pelaksana Proyek

Safety Engineer (K3)

Prospek Kerja Teknik Sipil Safety Engineer
Prospek Kerja Teknik Sipil Safety Engineer (shutterstock.com)

Apa itu Safety Engineer? Safety Engineer adalah orang atau tim yang bertanggung jawab mencari cara untuk mencegah kecelakaan di tempat kerja.

Mereka memeriksa berbagai hal yang memiliki potensi mengancam keselamatan, menyelidiki kecelakaan dan menentukan penyebabnya, serta mendidik pekerja tentang cara menggunakan peralatan keselamatan dan menerapkan keselamatan kerja. Mereka juga disebut sebagai Construction Safety Officer.

Lulusan Teknik Sipil yang ingin bekerja sebagai Safety Engineer harus memiliki sertifikasi di bidang K3 (Kesehatan dan keselamatan kerja).

Gaji Safety Engineer

Berapa gaji Safety Engineer? Karena ini adalah pekerjaan resiko tinggi, rata-rata gaji petugas Safety Engineer berkisar antara Rp. 8.000.000 hingga Rp. 20.000.000 tiap bulan bahkan bisa lebih.

Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan Safety Engineer dan besaran gajinya.

Prospek Kerja Teknik Sipil
Lowongan dan Gaji Safety Engineer

Site Supervisor

Prospek Kerja Teknik Sipil Site Supervisor
Prospek Kerja Teknik Sipil Site Supervisor (shutterstock.com)

Seperti apa pekerjaan Site Supervisor itu? Site Supervisor adalah orang yang bertanggung jawab mengelola, mengontrol, mengoordinasikan, dan merencanakan proyek pembangunan, dan memastikan penyelesaian pekerjaan konstruksi.

Gaji Site Supervisor

Berapa gaji seorang Site Supervisor? Rata-rata gaji bulanan Site Supervisor berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 8.000.000.

Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai Site Supervisor dan jumlah gajinya.

Prospek Kerja Teknik Sipil
Lowongan dan Gaji Site Supervisor

Logistik

Prospek Kerja Teknik Sipil Logistik
Prospek Kerja Teknik Sipil Logistik (shutterstock.com)

Prospek kerja Teknik Sipil yang berikutnya adalah sebagai bagian dari Logistik. Jenis pekerjaan apakah Logistik ini?

Logistik mengacu pada keseluruhan proses pengelolaan sumber daya yaitu disimpan dan kemudian diangkut ke tujuan akhirnya. Keseluruhan proses logistik melibatkan identifikasi calon distributor dan pemasok serta menentukan efektivitas dan aksesibilitas mereka.

Gaji Staf Logistik

Gaji bagian Logistik tergantung pada posisi pekerjaannya. Sebagai contoh posisi staf Logistik bisa mendapatkan gaji antara Rp. 5.000.000 juta hingga Rp. 10.000.000 perbulan.

Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai staf Logistik dan jumlah gajinya.

Prospek Kerja Teknik Sipil
Lowongan dan Gaji Staf Logistik

Building Maintenance Manager

Prospek Kerja Teknik Sipil Building Maintenance Manager
Prospek Kerja Teknik Sipil Building Maintenance Manager (shutterstock.com)

Apa itu Building Maintenance Manager atau Facilities Maintenance Manager adalah orang yang bertanggung jawab melakukan perawatan, perbaikan harian, pemeliharaan, dan pengawasan berbagai fasilitas bangunan yang ada di bawah domain mereka.

Gaji Building Maintenance Manager

Rata-rata gaji Building Maintenance Manager berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 10.000.000 perbulan. Berikut ini adalah contoh lowongan kerja sebagai Maintenance & Building Manager dan jumlah gajinya.

Prospek Kerja Teknik Sipil
Lowongan dan Gaji Building Maintenance Manager

Admin Teknik

Prospek Kerja Teknik Sipi Admin Teknik
Prospek Kerja Teknik Sipi Admin Teknik (shutterstock.com)

Prospek kerja berikutnya bagi lulusan Teknik Sipil adalah sebagai Admin Teknik. Seperti apakah pekerjaan Admin Teknik? Admin Teknik adalah orang yang bertugas untuk mengawasi proyek dan melakukan tugas administratif untuk mendukung kelancaran alur kerja dalam suatu proyek sipil.

Gaji Admin Teknik

Rata-rata gaji Admin Teknik berkisar antara Rp. 3.000.000 juta hingga Rp. 6.000.000 perbulan. Berikut ini salah satu contoh lowongan pekerjaan Admin Teknik dan gajinya.

Prospek Kerja Teknik Sipil
Lowongan dan Gaji Admin Teknik

Architectural Inspector

Prospek Kerja Teknik Sipil Architectural Inspector
Prospek Kerja Teknik Sipil Architectural Inspector (shutterstock.com)

Apakah jenis pekerjaan Architectural Inspector? Architectural Inspector adalah orang yang bertugas untuk memeriksa kelayakan bangunan, melakukan proses renovasi, atau proyek pembongkaran, menganalisis biaya proyek, dan menjaga kendali mutu bangunan.

Gaji Architectural Inspector

Gaji Architectural Inspector rata-rata berkisar antara Rp. 6.000.000 hingga Rp. 10.000.000 perbulan. Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan Architectural Inspector dan jumlah gajinya.

Prospek Kerja Teknik Sipil
Lowongan dan Gaji Architectural Inspector

QA/QC Engineer

Prospek Kerja Teknik Sipil QA QC Engineer
Prospek Kerja Teknik Sipil QA QC Engineer (shutterstock.com)

QA (Quality assurance) atau QC (Quality Control) Engineer adalah orang yang memiliki tanggung jawab dalam serangkaian proses mengukur dan menjamin kualitas, pengendalian kualitas, dan proses untuk memastikan proyek Teknik Sipil memenuhi standar yang sudah ditetapkan.

Gaji QA/QC Engineer

Berapa gaji untuk posisi QA/QC Engineer? Rata-rata gaji QA/QC Engineer berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 10.000.000 perbulan. Berikut ini adalah contoh lowongan pekerjaan QA/QC Engineer dan jumlah gajinya.

Prospek Kerja Teknik Sipil
Lowongan dan Gaji QA QC Engineer

Sales Engineer

Prospek Kerja Teknik Sipil Sales Engineer
Prospek Kerja Teknik Sipil Sales Engineer (shutterstock.com)

Prospek kerja lulusan Teknik Sipil yang berikutnya adalah sebagai Sales Engineer. Seperti apakah pekerjaan Sales Engineer? Sales Engineer adalah tenaga penjualan di pasar industri yang menjual produk atau layanan yang sangat teknis.

Gaji Sales Engineer

Sales Engineer biasanya memiliki gaji pokok yang bisa mendapatkan tambahan pemasukan jika mampu menjual produk sesuai target. Rata-rata gaji pokok Sales Engineer berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 10.000.000 perbulan.

Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan kerja Sales Engineer dan jumlah gajinya.

Prospek Kerja Teknik Sipil
Lowongan dan Gaji Sales Engineer

Kesimpulan

Teknik Sipil adalah salah satu jurusan kuliah favorit anak-anak IPA. Prospek kerjanya yang banyak pilihan adalah yang menjadi salah satu alasan kenapa jurusan ini banyak peminatnya.

Beberapa prospek kerja teknik sipil yang menjanjikan adalah menjadi Drafter, Konsultan, Surveyor, Procurement, Estimator dan sebagainya.

Baca juga: 22 Prospek Kerja Teknik Industri dan Besaran Gajinya

Ketika memasuki dunia kerja, fresh graduate pada awalnya akan menempati level staf. Setelah memiliki pengalaman yang cukup, barulah level manajerial dengan gaji yang lebih tinggi akan mulai terjangkau.

Kami harapkan artikel ini bisa memberikan semangat bagi kamu yang sedang mencari jurusan kuliah atau mungkin bahkan kamu saat ini sudah kuliah di jurusan Teknik Sipil dan sedang memperkirakan jenis pekerjaan apa saja yang cocok untukmu.

Lulusan Teknik Informatika yang sudah terjun di dunia internet sejak 2002. Memiliki passion dalam dunia teknologi informasi, internet, gadget, dan teknologi pada umumnya.