21 Prospek Kerja Manajemen dan Besaran Gajinya

Mau kuliah jurusan manajemen? Jurusan ini menyumbang ribuan lulusan tiap tahunnya. Apa saja prospek kerja bagi para lulusannya?

Sebagai salah satu jurusan kuliah populer dan favorit, tiap tahun jurusan manajemen menyumbang puluhan ribu lulusan baru. Bagaimana prospek kerja manajemen?

Jurusan manajemen sangat mudah ditemui di berbagai Universitas yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia ini. Hampir setiap kampus memiliki jurusan manajemen. Hal ini sangat beralasan karena jurusan manajemen adalah salah satu jurusan yang paling banyak menjadi tujuan calon mahasiswa.

Sebelum kita melanjutkan membahas berbagai prospek kerja jurusan manajemen, ada baiknya kita sedikit mengetahui seperti apa jurusan manajemen ini.

Apa Itu Jurusan Manajemen

Jurusan manajemen adalah ilmu yang mempelajari proses untuk mencapai tujuan dengan efisien dan efektif, yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.

Manajemen digunakan di semua organisasi dalam rangka mencapai tujuannya, baik organisasi profit (perusahaan /organisasi bisnis) maupun organisasi non-profit (pemerintahan, lembaga sosial, organisasi kemasyarakatan); di semua sektor: perbankan, manufaktur, pertambangan, perdagangan, kesehatan, pariwisata, dan lain-lain; yang ukurannya kecil, menengah maupun besar [1].

Kuliah jurusan manajemen secara umum akan mempelajari tentang bisnis, organisasi, ekonomi, dan sosial (tergantung pada kurikulum masing-masing Universitas).

Jurusan manajemen itu sendiri di masing-masing Universitas akan memiliki konsentrasi jurusan yang bisa berbeda. Beberapa jenis jurusan manajemen sebagian di antaranya adalah:

  • Manajemen Bisnis
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Perbankan
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen SDM
  • Manajemen Operasional
  • Manajemen Pendidikan
  • Manajemen Logistik.

Kembali ke pertanyaan awal, kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa ya? Berikut inilah beberapa prospek kerja manajemen.

Prospek Kerja Manajemen dan Gajinya

Staf Finance atau Akunting

Prospek Kerja Manajemen Staf Akunting
Prospek Kerja Manajemen: Staf Akunting (shutterstock)

Bagi lulusan jurusan manajemen bisnis atau manajemen keuangan, prospek kerjanya bisa memasuki dunia finance dan akunting. Fresh graduate pada awalnya biasanya akan menempati posisi sebagai staf.

Beberapa perusahaan menawarkan jenjang karir yang cukup bagus sehingga memiliki peluang untuk naik jabatan dari staf menjadi bagian manajerial.

Beberapa tugas staf finance atau akunting di sebuah perusahaan adalah membantu penyusunan anggaran, mengelola catatan dan tanda terima, merekonsiliasi transaksi harian, bulanan, dan tahunan serta mempersiapkan neraca perusahaan.

Gaji Staf Finance atau Akunting

Rata-rata gaji sebagai staf finance dan akunting berkisar antara Rp. 3.500.000 hingga Rp. 5.000.000. Berikut ini salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai staf finance atau akunting dan besaran gajinya.

Prospek Kerja Manajemen
Lowongan Kerja Manajemen Keuangan dan Gajinya

Admin

Prospek Kerja Manajemen Admin
Prospek Kerja Manajemen: Admin (shutterstock)

Prospek kerja manajemen yang berikutnya adalah sebagai admin. Banyak sekali lulusan jurusan manajemen yang terjun di dunia administrasi karena kemampuan mereka dalam menangani pengorganisasian.

Seperti apakah pekerjaan admin ini? Seorang admin memiliki tugas memberi dukungan kepada individu atau tim di sebuah kantor atau perusahaan. Tugas dan dukungan admin sangat penting untuk kelancaran bisnis dan operasional.

Tugas mereka mungkin termasuk menangani panggilan telepon, menerima dan mengarahkan pengunjung, pengolah kata dan data, membuat spreadsheet dan presentasi, dan pengarsipan.

Gaji Admin

Gaji admin tentu saja sangat bervariasi tergantung pada kebijakan dan peraturan masing-masing perusahaan. Rata-rata gaji admin berkisar antara Rp. 2.700.000 hingga Rp. 5.000.000.

Berikut ini salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai staf admin penjualan dan besaran gajinya.

Prospek Kerja Manajemen
Lowongan Pekerjaan Admin dan Gajinya

Marketing Officer

Prospek Kerja Manajemen Marketing Officer
Prospek Kerja Manajemen: Marketing Officer (shutterstock)

Prospek kerja berikutnya bagi lulusan jurusan manajemen adalah sebagai Marketing Officer. Seperti apakah pekerjaan Marketing Officer ini?

Marketing Officer adalah orang yang memiliki tugas untuk memberikan dukungan dan pelaksanaan tugas pada semua strategi dan aktivitas pemasaran dalam perusahaan.

Seorang marketing officer juga akan melakukan pengawasan departemen pemasaran dan memberikan arahan dan umpan balik tentang berlangsungnya proyek. Mereka bekerja sama dengan marketing manajer untuk menetapkan arah dan tujuan penawaran produk dan layanan.

Gaji Marketing Officer

Officer adalah level staf pada sebuah perusahaan. Rata-rata yang mengisi jabatan ini adalah fresh graduate atau yang memiliki pengalaman kerja setidaknya 1 tahun. Rata-rata gaji yang didapatkan oleh marketing officer berkisar antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 5.000.000.

Berikut ini adalah salah satu contoh lowongan kerja sebagai marketing officer dengan besaran gajinya.

Prospek Kerja Manajemen
Lowongan Kerja Marketing Officer dan Gajinya

Manajer Operasional

Prospek Kerja Manajemen Manajer Operasional
Prospek Kerja Manajemen: Manajer Operasional (shutterstock)

Manajer operasional adalah orang yang memiliki tugas dan tanggung jawab melakukan perumusan strategi, peningkatan kinerja, pengadaan bahan dan sumber daya, serta menjamin kepatuhan karyawan perusahaan.

Ini adalah prospek kerja yang sangat ideal untuk diambil oleh para lulusan jurusan manajemen terutama yang mengambil konsentrasi manajemen operasional (meski tidak menutup kemungkinan untuk semua lulusan jurusan manajemen).

Gaji Manajer Operasional

Karena berada di tingkat manajerial, rata-rata gaji yang ditawarkan cukup tinggi. Gaji manajer operasional berkisar antara Rp. 8.000.000 hingga Rp. 20.000.000.

Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan manajer operasional dan besaran gajinya.

Prospek Kerja Manajemen
Lowongan Kerja Manajer Operasional dan Gajinya

Corporate Social Responsibility (CSR)

Prospek Kerja Manajemen Corporate Social Responsibility (CSR)
Prospek Kerja Manajemen: Corporate Social Responsibility (CSR) (shutterstock)

Corporate Social Responsibility atau biasanya disingkat CSR adalah orang yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengembangkan kebijakan perusahaan berjalan sesuai dengan etika.

Seorang CSR akan memastikan perusahaan berjalan dengan baik dan berjalan selaras dengan kondisi lingkungan sekitar perusahaan.

Selain itu, CSR juga meningkatkan kesadaran publik tentang komitmen tanggung jawab sosial perusahaan melalui pemasaran. Pada intinya CSR akan membangun citra sosial yang positif bagi perusahaan.

Gaji Corporate Social Responsibility (CSR)

Berapa gaji yang bisa didapatkan oleh Corporate Social Responsibility (CSR)? Gaji yang didapatkan tergantung pada posisi di perusahaan. Posisi staf atau officer tentu akan berbeda dengan posisi manajerial.

Rata-rata gaji yang ditawarkan untuk posisi Corporate Social Responsibility (CSR) berkisar mulai Rp. 5.000.000 hingga Rp. 20.000.000.

Di bawah ini adalah contoh lowongan pekerjaan Corporate Social Responsibility (CSR) dan gajinya.

Prospek Kerja Manajemen
Lowongan Kerja Corporate Social Responsibility (CSR) dan Gajinya

Human Resource Development (HRD)

Prospek kerja manajemen yang berikutnya adalah sebagai bagian dari Human Resource Development atau HRD baik sebagai manajer tingkat pertama maupun staf.

Salah satu posisi yang bisa diisi oleh lulusan manajemen di bagian HRD adalah sebagai Manager Learning & Development atau divisi pengembangan sumber daya manusia di perusahaan.

Manager Learning & Development memiliki tugas untuk merencakan, membuat dan mengembangkan metodologi pelatihan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (membantu karyawan belajar dan tumbuh).

Gaji Human Resource Development (HRD)

Prospek Kerja Manajemen Human Resource Development (HRD)
Prospek Kerja Manajemen: Human Resource Development (HRD) (shutterstock)

Berapa gaji Human Resource Development (HRD)? Besaran gajinya tergantung posisi di dalam organisasi. Gaji manajerial tingkat pertama tentu akan berbeda dengan staf.

Rata-rata gaji Human Resource Development (HRD) berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 7.000.000 untuk level staf. Sedangkan untuk posisi manajerial berkisar antara Rp. 7.000.000 hingga Rp. 20.000.000.

Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai Manager Learning & Development dan besaran gajinya.

Prospek Kerja Manajemen
Lowongan Kerja Manager Learning & Development dan Gajinya

Purchasing

Prospek Kerja Manajemen Purchasing
Prospek Kerja Manajemen: Purchasing (shutterstock)

Purchasing atau bagian pembelian bisa menjadi pilihan pekerjaan lain para lulusan jurusan manajemen. Seperti apakah pekerjaan purchasing ini?

Purchasing adalah orang atau bagian dari perusahaan yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mencari dan membeli bahan, barang, dan jasa atas nama perusahaan untuk dijual kembali atau digunakan dalam operasional sehari-hari.

Petugas bagian purchasing juga bertugas untuk menjaga tingkat stok, dan juga dapat melakukan penelitian, bernegosiasi dengan vendor, dan menyeleksi calon pemasok.

Gaji Purchasing

Berapa besaran gaji bagian purchasing? Sama seperti lini pekerjaan lain di perusahaan, jumlah gaji yang diterima tergantung pada tingkatan level jabatan. Rata-rata gaji purchasing berkisar antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 5.000.000 untuk staf dan Rp. 5.000.000 hingga Rp. 7.000.000 untuk supervisor.

Berikut ini contoh lowongan kerja sebagai staf pembelian (purchasing) dan besaran gaji yang ditawarkan.

Prospek Kerja Manajemen
Lowongan Kerja Staf Purchasing dan Gajinya

Sales Marketing

Prospek Kerja Manajemen Sales Marketing
Prospek Kerja Manajemen: Sales Marketing (shutterstock)

Prospek kerja manajemen yang berikutnya adalah sebagai Sales Marketing. Pekerjaan ini cocok untuk lulusan manajemen bisnis dan pemasaran.

Seperti apa deskripsi pekerjaan sales marketing? Sales marketing memiliki tugas untuk memberikan kontribusi informasi, ide, dan penelitian untuk membantu mengembangkan strategi pemasaran.

Tugas lainnya adalah membantu merinci, merancang, dan mengimplementasikan rencana pemasaran untuk setiap produk atau layanan yang ditawarkan serta membina hubungan yang baik dengan customer lama dan calon customer.

Baca juga: 18 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Masa Depan Cerah

Gaji Sales Marketing

Rata-rata gaji sales marketing berkisar antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 6.000.000 tergantung pada jabatan yang diembannya.

Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai sales marketing dan kisaran gaji yang akan diterima.

Prospek Kerja Manajemen Purchasing
Lowongan Pekerjaan Sales Marketing dan Gaji

General Affair

Prospek Kerja Manajemen General Affair
Prospek Kerja Manajemen: General Affair (shutterstock)

Lulusan jurusan manajemen juga memiliki prospek kerja di bagian general affair baik sebagai staf atau posisi manajerial.

Bagian general affair memiliki tugas memelihara, mengolah dan memperbarui dokumen hukum organisasi, memperbarui dan melaksanakan semua kebijakan yang diperlukan serta menyempurnakan kebijakan dan prosedur yang terkait dengan sumber daya manusia dan kebutuhan perusahaan.

Tiap-tiap perusahaan bisa memberikan deskripsi kerja yang berbeda untuk posisi general affair dan lingkup kerjanya bisa sangat luas karena general affair bisa dikatakan sebagai orang yang menangani urusan umum.

Gaji General Affair

Berapa gaji general affair? Rata-rata gaji yang bisa didapat oleh bagian general affair berkisar antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 8.000.000.

Berikut ini salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai staff general affair dan besaran gajinya.

Prospek Kerja Manajemen Purchasing
Lowongan Kerja General Affair dan Gajinya

Logistik

Prospek Kerja Manajemen Logistik
Prospek Kerja Manajemen Logistik (shutterstock)

Bagian logistik bertugas dan bertanggung jawab dalam proses mengatur, menyimpan, dan melakukan distribusi barang serta terlibat dalam transportasi, pengendalian stok, pergudangan, dan pemantauan arus barang.

Selain itu, bagian logistik akan memastikan bahwa produk yang tepat dikirim ke lokasi yang tepat, pada waktu yang tepat serta dengan biaya yang efiesien.

Jenis pekerjaan ini sangat cocok bagi yang mengambil konsentrasi jurusan manajemen logistik dan operasional.

Gaji Logistik

Gaji bagian logistik sangat bervariasi tergantung pada jabatan yang dipegang. Rata-rata gajinya berkisar antara Rp. 3.500.000 hingga Rp. 7.000.000.

Berikut ini contoh lowongan pekerjaan sebagai staff warehouse dan logistik dan jumlah gaji yang akan diterima.

Prospek Kerja Manajemen Purchasing
Lowongan Kerja Staf Logistik dan Gajinya

Field Analyst

Prospek Kerja Manajemen Field Analyst
Prospek Kerja Manajemen: Field Analyst (shutterstock)

Lulusan manajemen juga bisa terjun sebagai Field Analyst. Pekerjaan macam apa Field Analyst ini?

Field Analyst memiliki tugas mengumpulkan, menafsirkan dan menganalisis data (menemukan pola dan tren dalam data yang dianalisis) di lapangan. Data yang dikumpulkan ini kemudian dilaporkan kepada supervisor atau manajemen terkait.

Baca juga: 12 Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

Gaji Field Analyst

Berapa gaji Field Analyst? Rata-rata gaji yang bisa didapat oleh Field Analyst berkisar antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 5.000.000.

Salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai Field Analyst dan gaji yang ditawarkan bisa dilihat di gambar berikut ini.

Prospek Kerja Manajemen Purchasing
Lowongan Kerja Field Analyst dan Gajinya

Export Staff

Prospek Kerja Manajemen Export Staff
Prospek Kerja Manajemen: Export Staff (shutterstock)

Lulusan manajemen juga memiliki prospek kerja di bidang export barang baik sebagai staff atau officer (fresh graduate) dan posisi manajerial (berpengalaman).

Apa tugas yang diemban oleh staff export? Mengelola, menyiapkan, dan memproses semua dokumen serta izin yang diperlukan untuk pengiriman, melakukan pemeriksaan kualitas pengiriman, dan menyimpan catatan semua faktur dan transaksi dan kemudian melapor ke manajer.

Gaji Export Staff

Rata-rata gaji bagian export staff berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 6.000.000.

Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan export staff dan jumlah gajinya.

Prospek Kerja Manajemen Purchasing
Lowongan Kerja Export Staff dan Gajinya

Account Officer

Prospek Kerja Manajemen Account Officer
Prospek Kerja Manajemen: Account Officer (shutterstock)

Prospek kerja lulusan manajemen yang berikutnya adalah menjadi Account Officer. Jenis pekerjaan apakah Account Officer?

Account Officer memiliki tugas mengelola pencatatan pembayaran masuk dan keluar perusahaan. Cakupan tugasnya termasuk mengatur permintaan pembayaran, melakukan pembayaran untuk layanan, memverifikasi hutang dan piutang, dan meneliti aktivitas akun keuangan.

Baca juga: 26 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi dan Besaran Gajinya

Gaji Account Officer

Berapa gaji Account Officer? Rata-rata gaji Account Officer berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 6.000.000 tergantung kebijakan dan peraturan masing-masing perusahaan.

Salah satu contoh lowongan kerja sebagai Account Officer dan jumlah gaji yang ditawarkan bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Prospek Kerja Manajemen Purchasing
Lowongan Kerja Account Officer dan Gajinya

Manajer Supervisor

Prospek Kerja Manajemen Manajer Supervisor
Prospek Kerja Manajemen: Manajer Supervisor (shutterstock)

Manajer Supervisor memiliki tugas memastikan perusahaan memiliki sumber daya yang baik, mematuhi standar kualitas dan layanan, meningkatkan pendapatan dan pangsa pasar, dan membantu perusahaan mencapai tujuannya.

Mereka menyeleksi, mempekerjakan dan melatih karyawan (dibantu divisi lain), membantu mengembangkan dan menerapkan strategi bisnis, dan melakukan berbagai tugas lain untuk memastikan bisnis berkembang.

Manajer Supervisor adalah jenis pekerjaan yang sangat ideal bagi para lulusan manajemen. Namun untuk menempati posisi ini dibutuhkan pengalaman dan biasanya untuk fresh graduate akan memulai sebagai staf atau asisten manajer supervisor.

Gaji Manajer Supervisor

Sebagai orang yang memiliki jabatan tinggi dan tanggung jawabnya yang sangat besar, rata-rata gaji manajer supervisor sangat tinggi. Semakin besar nilai perusahaan, semakin tinggi juga gaji yang akan diterima.

Rata-rata gaji posisi manajer supervisor berkisar antara Rp. 7.000.000 hingga Rp. 15.000.000.

Berikut ini salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai manajer supervisor dan kisaran gaji yang akan diterima.

Prospek Kerja Manajemen Account Officer
Lowongan Kerja Manajer Supervisor dan Gajinya

Event Planner

Prospek Kerja Manajemen Event Planner
Prospek Kerja Manajemen: Event Planner (shutterstock)

Event Planner atau disebut juga Event Organizer atau Event Specialist bisa adalah prospek kerja lulusan jurusan manajemen yang berikutnya.

Event Planner memiliki tugas untuk merencanakan, mengelola, dan mengatur acara dengan cara yang paling efisien dan hemat biaya. Selain itu, mereka juga melakukan pencarian target audiens di pasar dan mencari tempat di mana acara diselenggarakan.

Gaji Event Planner

Rata-rata gaji seorang Event Planner berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 6.000.000.

Berikut ini salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai event specialist dan jumlah gaji yang ditawarkan.

Prospek Kerja Manajemen Account Officer
Lowongan Kerja Event Planner dan Gajinya

Management Trainee

Prospek Kerja Manajemen Management Trainee
Prospek Kerja Manajemen: Management Trainee (gettyimages)

Untuk terus mengasah skill setelah lulus kuliah, lulusan jurusan manajemen bisa mengikuti program Management Trainee yang sering diadakan oleh beberapa perusahaan.

Apa itu Management Trainee? Adalah program pelatihan, yang menerima lulusan baru melalui tahapan seleksi berdasarkan keterampilan tertentu dan membekali mereka dengan metode pelatihan yang tepat dengan bekerja dan praktik secara langsung.

Para peserta Management Trainee bekerja di bawah pengawasan manajer perusahaan. Tujuan mereka adalah memperoleh semua pengetahuan penting untuk menjadi manajer masa depan, seringkali di bidang tertentu, seperti pemasaran dan penjualan.

Dan peserta program Management Trainee juga akan menerima gaji sesuai dengan kebijakan dan peraturan masing-masing perusahaan.

Gaji Management Trainee

Berapa gaji ketika mengikuti program Management Trainee? Rata-rata gaji Management Trainee berkisar antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 5.000.000.

Di bawah ini adalah salah satu contoh lowongan pekerjaan Management Trainee dan kisaran gaji yang akan didapatkan.

Prospek Kerja Manajemen Account Officer
Lowongan Management Trainee dan Gajinya

Business Development

Prospek Kerja Manajemen Business Development
Prospek Kerja Manajemen: Business Development (shutterstock)

Prospek kerja manajemen yang berikutnya adalah sebagai Business Development.

Business Development adalah orang yang memiliki tugas mengidentifikasi prospek penjualan, menawarkan barang atau jasa kepada klien baru, mengomunikasikan perkembangan produk baru kepada calon klien, dan memelihara hubungan kerja yang baik klien lama.

Baca juga: 21 Prospek Kerja Psikologi dan Besaran Gajinya

Semua lulusan jurusan manajemen berpeluang bisa menekuni profesi ini namun bagi yang mengambil konsentrasi manajemen bisnis dan pemasaran bisa memiliki peluang lebih besar.

Gaji Business Development

Rata-rata gaji profesi Business Development berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 10.000.000. Sangat menggiurkan?

Beriku ini adalah salah satu contoh lowongan kerja sebagai Business Development dan jumlah gaji yang ditawarkan.

Prospek Kerja Manajemen Account Officer
Lowongan Kerja Business Development dan Gajinya

Business Consultant

Prospek Kerja Manajemen Business Consultant
Prospek Kerja Manajemen: Business Consultant (shutterstock)

Profesi Business Consultant adalah orang yang menganalisis operasional perusahaan, mengidentifikasi kelemahan, dan kemudian merekomendasikan solusi.

Business Consultant sering kali mengkhususkan diri pada bidang tertentu seperti pemasaran, sumber daya manusia, manajemen, teknik, atau keuangan dan memberikan berbagai nasihat dan konsultasi tentang bidang tersebut.

Gaji Business Consultant

Pendapatan profesi Business Consultant bisa tak terbatas jika dia memiliki perusahaan konsultasi sendiri. Namun jika bekerja di perusahaan yang mengkhususkan diri bidang Business Consultant, rata-rata gaji yang bisa didapatkan berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 10.000.000.

Salah satu contoh lowongan kerja Business Consultant dan besaran gajinya bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Prospek Kerja Manajemen Account Officer
Lowongan Kerja Business Consultant dan Gajinya

Konsultan Manajemen

Prospek Kerja Manajemen Konsultan Manajemen
Prospek Kerja Manajemen: Konsultan Manajemen (shutterstock)

Peluang kerja berikutnya yang bisa diambil oleh lulusan manajemen adalah membuka biro konsultan manajemen dan kemudian menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa konsultan manajemen.

Konsultan manajemen sering bekerja dalam tim dan sebagian besar bekerja untuk perusahaan konsultan, daripada menjadi penerima gaji (karyawan) perusahaan yang mereka analisis.

Seperti apakah deskripsi pekerjaan konsultan manajemen? Konsultan manajemen bekerja sama dengan pimpinan perusahaan untuk menilai perusahaan dan mengidentifikasi masalah, mengumpulkan informasi, dan menerapkan solusi.

Gaji Konsultan Manajemen

Cukup sulit mengetahui secara pasti jumlah pemasukan sebuah perusahaan jasa konsultan manajemen. Namun sebagai staf perusahaan konsultan manajemen, rata-rata gaji yang bisa didapatkan berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 10.000.000.

Entrepreneur

Prospek Kerja Manajemen Entrepreneur
Prospek Kerja Manajemen: Entrepreneur (shutterstock)

Peluang lain jika tidak bekerja di perusahaan adalah menjadi Entrepreneur. Bekal selama kuliah manajemen sangat ideal untuk dijadikan modal pengetahuan merintis menjadi entrepreneur.

Apa itu entrepreneur? Entrepreneur (pengusaha) adalah individu yang menciptakan bisnis baru, menanggung sebagian besar modal dan risiko serta kemudian menikmati sebagian besar hasilnya.

Pendapatan entrepreneur bisa tidak terbatas jika sukses. Namun memang tantangan sangat berat dan semua orang berpeluang untuk menjadi entrepreneur.

Pegawai Bank

Prospek Kerja Manajemen Pegawai Bank
Prospek Kerja Manajemen: Pegawai Bank (mandiricareer.net)

Menjadi pegawai bank adalah salah satu prospek “alami” lulusan jurusan manajemen (terutama yang mengambil konsentrasi manajemen perbankan dan keuangan).

Beberapa jabatan di bidang perbankan yang bisa diemban oleh lulusan manajemen adalah:

  • Teller
  • Manager
  • Credit Analyst
  • Customer service
  • Back Office
  • Account Officer
  • Sales Officer
  • Funding Officer
  • Auditor.

Gaji Pegawai Bank

Berikut ini kisaran gaji para pegawai Bank:

PosisiGaji
TellerRp. 2.750.000 – Rp. 3.500.000
ManagerRp. 8.000.000 – Rp. 25.000.000
Credit AnalystRp. 5.000.000 – Rp. 7.000.000
Customer serviceRp. 4.000.000 – Rp. 5.000.000
Back OfficeRp. 4.000.000 – Rp. 5.000.000
Account OfficerRp. 5.000.000 – Rp. 8.000.000
Sales OfficerRp. 7.000.000 – Rp. 9.000.000
Funding OfficerRp. 4.000.000 – Rp. 5.000.000
AuditorRp. 6.000.000 – Rp. 9.000.000

Berikut ini salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai Credit Analyst dan jumlah gaji yang ditawarkan.

Prospek Kerja Manajemen Account Officer
Lowongan Kerja Credit Analyst dan Gajinya

Kesimpulan

Itulah beberapa prospek kerja manajemen yang bisa menjadi pilihanmu. Jurusan manajemen adalah salah satu jurusan kuliah yang paling banyak peminatnya dan bisa ditemukan di hampir semua Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia.

Dengan rata-rata pekerjaan yang menawarkan gaji antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 20.000.000, jurusan manajemen tentu adalah pilihan yang logis untuk masa depan.

Namun tantangannya adalah, karena ini jurusan yang sangat banyak peminatnya, tentu saja lulusannya juga sangat banyak sehingga persaingan untuk mendapatkan pekerjaan akan menantang.

Jika kamu saat ini sedang mencari calon jurusan untuk kuliahmu atau mungkin saat ini sudah kuliah mengambil jurusan manajemen, diharapkan artikel ini bisa membantumu mendapatkan gambaran pekerjaan untuk masa depan.

Lulusan Teknik Informatika yang sudah terjun di dunia internet sejak 2002. Memiliki passion dalam dunia teknologi informasi, internet, gadget, dan teknologi pada umumnya.