27 Prospek Kerja Sistem Informasi dan Besaran Gajinya

Mau kuliah jurusan Sistem Informasi? Jangan khawatir, lulusan jurusan ini memiliki banyak peluang untuk terjun di berbagai bidang kerja.

Jurusan Sistem Informasi bisa memberikan kesempatan yang sangat baik bagi para lulusannya untuk terjun di dunia kerja. Apa saja prospek kerja sistem informasi?

Teknologi yang semakin berkembang pesat adalah alasan besar kenapa lulusan jurusan Sistem Informasi bisa memanfaatkan berbagai peluang di dunia kerja. Tidak hanya mencari kerja, lulusan jurusan ini juga sangat bagus prospeknya jika ingin membuka usaha berbasis Teknologi Informasi.

Tidak hanya terjun di dunia teknologi dan informasi, banyak juga prospek kerja lain di luar hal yang berbau IT yang bisa direngkuh oleh para lulusan jurusan kuliah Sistem Informasi.

Apa Itu Jurusan Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi adalah program studi yang mempelajari gabungan bidang keilmuan yang mencakup pada ilmu komputer, bisnis dan ekonomi manajemen. Akan tetapi, tetap fokus pada bidang programming atau software [1].

Jadi Sistem Informasi itu salah satu jurusan di bidang IT atau Teknologi Informasi (TI), di mana mahasiswanya akan lebih banyak belajar tentang analisa sistem dari pada coding.

Salah satu hal yang akan dijumpai di jurusan ini misalnya kebutuhan sistem, proses berjalannya, perancangannya, dan proses pembuatan sistemnya. Di jurusan Sistem Informasi pada dasarnya juga tetap mempelajari coding, meski tidak sedalam dan sebanyak jurusan Teknik Informatika.

Prospek Kerja Sistem Informasi
Prospek Kerja Sistem Informasi (shutterstock)

Jika diibaratkan dalam proses pembuatan gedung, Sistem Informasi atau biasa juga disebut sistem analis diibaratkan sebagai arsitek yang bertugas merancang dan menganalisa kebutuhannya serta yang menjembatani antara user dan programmer.

Untuk mengambil jurusan Sistem Informasi, kamu harus memiliki logika yang baik, daya ingat yang kuat dan tentu saja harus bisa dan suka dengan pelajaran hitungan.

Jadi kembali ke pertanyaan; lulusan jurusan Sistem Informasi kerja apa ya? Berikut ini beberapa prospek dan pilihannya.

Prospek Kerja Sistem Informasi dan Gajinya

System Analyst

Prospek Kerja Sistem Informasi System Analyst
Prospek Kerja Sistem Informasi: System Analyst (shutterstock)

Lulusan jurusan Sistem Informasi dicetak untuk menjadi seorang yang ahli di bidang System Analyst. Tentu akan sangat tepat jika lulusannya terjun di bidang System Analyst ini.

Apa itu System Analyst? System Analyst memiliki tugas untuk menganalisis seberapa baik perangkat lunak, perangkat keras, atau sistem TI dan apakah sudah sesuai dengan kebutuhan klien serta membantu menerapkannya dan memantau keefektifannya.

Gaji System Analyst

Berapa gaji System Analyst? Untuk level staf, rata-rata gajinya berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 10.000.000. Sedangkan untuk level manajer atau supervisor berkisar antara Rp. 8.000.000 hingga puluhan juta per bulan.

Salah satu contoh lowongan kerja System Analyst dan jumlah gaji yang ditawarkan bisa dilihat di gambar berikut ini.

Prospek Kerja Sistem Informasi
Lowongan Kerja System Analyst dan Gajinya

Social Media Manager

Prospek Kerja Sistem Informasi Social Media Manager
Prospek Kerja Sistem Informasi: Social Media Manager (shutterstock)

Jenis pekerjaan apakah Social Media Manager?

Social Media Manager adalah orang yang memiliki tugas mengawasi interaksi perusahaan dengan publik melalui penerapan strategi konten di platform media sosial.

Beberapa tugas yang akan dijalankan adalah termasuk menganalisis data, mengidentifikasi tren dalam interaksi pelanggan dan merencanakan kampanye digital untuk membangun komunitas online.

Dengan basic pengetahuan Teknologi Informasi, lulusan jurusan Sistem Informasi sangat ideal untuk terjun di bidang ini.

Gaji Social Media Manager

Gaji seorang Social Media Manager berkisar antara Rp. 7.000.000 hingga belasan juta per bulan. Sedangkan untuk level staf atau admin berkisar antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 6.000.000.

Salah satu contoh lowongan kerja sebagai Social Media Manager dan jumlah gaji yang ditawarkan bisa dilihat di gambar berikut ini.

Prospek Kerja Sistem Informasi
Lowongan Kerja Social Media Manager dan Gajinya

Digital Marketing

Prospek Kerja Sistem Informasi Digital Marketing
Prospek Kerja Sistem Informasi: Digital Marketing (shutterstock)

Peluang kerja bagi lulusan jurusan Sistem Informasi berikutnya adalah menjadi ahli di bidang Digital Marketing.

Seperti apa jenis pekerjaan Digital Marketing?

Orang yang bergelut di bidang Digital Marketing memiliki tugas merencanakan dan menjalankan web perusahaan, menangani SEO/SEM, menangani pemasaran berbasis digital, mengelola email, media sosial, dan mengelola kampanye iklan perusahaan.

Gaji Digital Marketing

Berapa gaji Digital Marketing? Untuk level staf dan pelaksana, rata-rata gaji yang bisa didapatkan adalah antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 5.000.000. Sedangkan level manajer dan supervisor bisa mendapat gaji antara Rp. 8.000.000 hingga puluhan juta.

Salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai Digital Marketing Manager bisa dilihat di gambar berikut ini.

Prospek Kerja Sistem Informasi
Lowongan Kerja Digital Marketing Manager dan Gajinya

Programmer

Prospek Kerja Sistem Informasi Programmer
Prospek Kerja Sistem Informasi: Programmer (shutterstock)

Secara alamiah, lulusan Sistem Informasi yang memiliki minat dan bakat dalam hal coding bisa terjun menjadi seorang Programmer.

Programmer atau pemrogram komputer bertanggung jawab untuk menulis kode yang membentuk perangkat lunak komputer. Mereka bertugas mengerjakan alur kerja suatu program, menulis kode, menguji fungsionalitas program, dan membuat dokumentasi untuk program tersebut.

Gaji Programmer

Rata-rata gaji Programmer saat ini sangat menggiurkan. Jika bekerja di sebuah perusahaan seperti software house atau perusahaan umum yang memiliki divisi khusus pengembangan software, rata-rata gajinya berkisar antara Rp. 6.000.000 hingga belasan juta rupiah.

Baca juga: 12 Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

Dan jika memiliki atau mendirikan software house sendiri dan memiliki tim untuk menangani berbagai macam proyek pengembangan software, pendapatannya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Berikut ini salah satu contoh lowongan kerja sebagai Programmer dan jumlah gaji yang ditawarkan.

Lowongan Kerja Programmer dan Gajinya
Lowongan Kerja Programmer dan Gajinya

IT Manager

Prospek Kerja Sistem Informasi IT Manager
Prospek Kerja Sistem Informasi: IT Manager (shutterstock)

Prospek kerja Sistem Informasi yang berikutnya adalah menjadi seorang IT Manager. Namun biasanya untuk menjadi seorang manajer dibutuhkan pengalaman kerja. Untuk fresh graduate pada awalnya bisa mengawali sebagai asisten manajer.

Apa tugas IT Manager? IT Manager adalah orang yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengoordinasikan, merencanakan, dan memimpin kegiatan yang berhubungan dengan Teknologi Informasi dalam suatu organisasi atau perusahaan.

IT Manager membantu menentukan kebutuhan TI perusahaan dan bertanggung jawab untuk menerapkan sistem komputer untuk memenuhi persyaratan sistem informasi perusahaan.

Gaji IT Manager

Rata-rata gaji kedudukan IT Manager berkisar antara Rp. 7.000.000 hingga Rp. 15.000.000 bahkan bisa lebih.

Berikut ini salah satu contoh lowongan kerja sebagai IT Manager dan jumlah gaji yang ditawarkan.

Prospek Kerja Sistem Informasi
Lowongan IT Manager dan Gajinya

System Engineer

Prospek Kerja Sistem Informasi System Engineer
Prospek Kerja Sistem Informasi: System Engineer (shutterstock)

Lulusan Sistem Informasi juga memiliki peluang menjadi System Engineer. Seperti apakah deskripsi kerja System Engineer ini?

System Engineer adalah orang yang bertugas dan bertanggung jawab untuk merancang dan menyiapkan infrastruktur komputasi jaringan perusahaan, memastikan bahwa sistem berjalan dengan lancar dan efisien, dan menyelesaikan masalah teknis apa pun yang mungkin timbul.

Gaji System Engineer

Berapa gaji yang bisa didapatkan oleh seorang System Engineer?

Rata-rata gaji System Engineer untuk level staf saat ini berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 7.000.000. Sedangkan untuk level supervisor atau manajer minimal bisa mendapatkan Rp. 7.000.000 hingga belasan juta rupiah per bulan.

Berikut ini salah satu contoh lowongan kerja sebagai System Engineer dengan level staf atau junior dengan jumlah gaji yang ditawarkan.

Prospek Kerja Sistem Informasi
Lowongan Kerja System Engineer dan Gajinya

Database Developer

Prospek Kerja Sistem Informasi Database Developer
Prospek Kerja Sistem Informasi: Database Developer (shutterstock)

Dengan basic ilmu yang dimilikinya, lulusan Sistem Informasi juga sangat ideal untuk terjun menjadi seorang Database Developer.

Database Developer memiliki tugas untuk merancang, mengembangkan, menguji, mengimplementasikan, dan memelihara database baru dan yang sudah ada.

Database Developer membuat metode dan merancang sistem manajemen untuk mengakses informasi yang disimpan dalam basis data secara efisien.

Gaji Database Developer

Rata-rata gaji Database Developer saat ini berkisar antara Rp. 7.000.000 hingga Rp. 20.000.000 tiap bulan dan bahkan bisa lebih.

Berikut ini adalah salah satu contoh lowongan kerja sebagai Database Developer dan jumlah gaji yang ditawarkan.

Prospek Kerja Sistem Informasi
Lowongan Kerja Database Developer dan Gajinya

Marketing Analytics

Prospek Kerja Sistem Informasi Marketing Analytics
Prospek Kerja Sistem Informasi: Marketing Analytics (shutterstock)

Prospek kerja lulusan jurusan Sistem Informasi yang berikutnya adalah menjadi Marketing Analytics.

Apa itu Marketing Analytics? Marketing Analytics memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mempelajari kondisi pasar dan menilai potensi penjualan produk dan layanan.

Tujuan mereka adalah membantu perusahaan menentukan produk apa yang diminati, siapa yang akan membeli produk dan harga yang bersedia mereka bayar yang tentunya berhubungan dengan Teknologi Informasi.

Tugas mereka termasuk memperkirakan dan memantau tren penjualan, mengumpulkan data konsumen dan pesaing, menyiapkan laporan untuk manajemen dan menggunakan perangkat lunak statistik untuk analisis data.

Gaji Marketing Analytics

Rata-rata gaji Marketing Analytics berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 10.000.000 untuk level staf atau junior. Sedangkan pada untuk level manajerial bisa mendapatkan gaji antara Rp. 10.000.000 hingga Rp. 50.000.000 bahkan bisa lebih.

Baca juga: Sekolah Kedinasan di Indonesia

Salah satu contoh lowongan kerja sebagai Marketing Analytics atau Analytics Manager dan jumlah gaji yang ditawarkan bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Prospek Kerja Sistem Informasi
Lowongan Marketing Analytics dan Gajinya

Web Applications Developer

Prospek Kerja Sistem Informasi Web Applications Developer
Prospek Kerja Sistem Informasi: Web Applications Developer (shutterstock)

Web Applications Developer memiliki tugas merancang dan menulis kode baru dan meningkatkan kode yang ada sehingga aplikasi web mereka berfungsi dengan baik.

Web Applications Developer bekerja sama dengan penguji sistem untuk menemukan bug (error) dalam kode pemrograman dan memperbaiki masalah yang ditimbulkan.

Gaji Web Applications Developer

Berapa gaji Web Applications Developer? Rata-rata gaji Web Applications Developer berkisar antara Rp. 8.000.000 hingga belasan dan bahkan hingga puluhan juta per bulan.

Salah satu contoh lowongan kerja sebagai Web Applications Developer dan jumlah gaji yang ditawarkan bisa dilihat di gambar berikut ini.

Prospek Kerja Sistem Informasi
Lowongan Kerja Web Applications Developer dan Gajinya

IT Auditor

Prospek Kerja Sistem Informasi IT Auditor
Prospek Kerja Sistem Informasi: IT Auditor (gettyimages)

IT Auditor adalah orang atau tim yang bertugas untuk menganalisis dan menilai infrastruktur teknologi suatu perusahaan serta memastikan proses dan sistem berjalan secara akurat dan efisien, aman dan memenuhi standar.

Dengan deskripsi pekerjaan tersebut, maka para lulusan jurusan Sistem Informasi sangat layak dan ideal terjun di bidang IT Auditor.

Baca juga: Jurusan Informatika: Informasi Kuliah dan Prospek Kerja

Gaji IT Auditor

Gaji IT Auditor saat ini rata-rata berkisar antara Rp. 7.000.000 hingga belasan atau bahkan puluhan juta rupiah per bulan.

Salah satu contoh lowongan kerja sebagai IT Auditor dan jumlah gaji yang ditawarkan bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Prospek Kerja Sistem Informasi
Lowongan Kerja IT Auditor dan Gajinya

IT Sales

Prospek Kerja Sistem Informasi IT Sales
Prospek Kerja Sistem Informasi: IT Sales (shutterstock)

Dengan basic ilmu IT yang dimilikinya, lulusan jurusan Sistem Informasi juga bisa terjun di bidang Sales atau penjualan produk IT sebagai IT Sales.

IT Sales adalah individu atau tim profesional yang bergerak di bidang penjualan yang mengkhususkan diri dalam menjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer, serta layanan Teknologi Informasi.

Selain memasarkan produk atau jasa, IT Sales juga harus mampu menjawab pertanyaan yang sangat teknis tentang produk atau jasa yang ditawarkannya. IT Sales dipekerjakan oleh perusahaan dalam industri TI.

Gaji IT Sales

Rata-rata gaji IT Sales cukup tinggi terutama apabila mampu memenuhi target yang diberikan oleh perusahaan. Minimal gaji yang bisa didapatkan oleh seorang IT Sales adalah Rp. 5.000.000 dan tentu saja bisa mendapatkan lebih dari itu jika mampu memenuhi target.

Salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai IT Sales dan jumlah gaji yang ditawarkan bisa dilihat pada gambar beriku ini.

Prospek Kerja Sistem Informasi
Lowongan Kerja IT Sales dan Gajinya

IT Consultant

Prospek Kerja Sistem Informasi IT Consultant
Prospek Kerja Sistem Informasi: IT Consultant (shutterstock)

Prospek kerja jurusan Sistem Informasi yang berikutnya adalah menjadi IT Consultant. Seperti apakah pekerjaan IT Consultant?

IT Consultant atau Konsultan IT adalah individu atau tim yang mengevaluasi sistem TI perusahaan untuk membantu mereka memenuhi tujuan bisnis mereka.

Tugas utama mereka termasuk menganalisis dan mendiagnosis infrastruktur TI perusahaan, memahami kebutuhan bisnis klien, dan merancang serta menerapkan solusi teknologi.

IT Consultant akan memberikan analisis, rekomendasi, memberikan laporan dan solusi terkait sistem IT baik itu hardware, software dan semua hal yang berhubungan dengan sistem Teknologi Informasi.

Gaji IT Consultant

Dengan kemampuan yang dimilikinya, rata-rata gaji IT Consultant sangat menggiurkan. Gaji IT Consultant berkisar antara Rp. 10.000.000 hingga Rp. 20.000.000 bahkan bisa lebih.

Salah satu contoh lowongan kerja sebagai IT Consultant atau Software Technical Consultant dan jumlah gaji yang ditawarkan bisa dilihat di gambar berikut ini.

Prospek Kerja Sistem Informasi
Lowongan IT Consultant dan Gajinya

IT Business Analyst

Prospek Kerja Sistem Informasi IT Business Analyst
Prospek Kerja Sistem Informasi: IT Business Analyst (shutterstock)

Business Analyst memiliki tugas untuk membantu perusahaan untuk meningkatkan proses dan sistem bisnis, meneliti dan menganalisa serta kemudian menemukan berbagai kendala atau masalah yang muncul dan memberikan solusi untuk memperbaiki sistem bisnis.

Karena memiliki dasar ilmu IT, tentu saja akan sangat ideal jika lulusan jurusan Sistem Informasi untuk terjun menjadi seorang IT Business Analyst.

Gaji IT Business Analyst

Berapa gaji IT Business Analyst? Rata-rata gaji IT Business Analyst berkisar antara Rp. 7.000.000 hingga Rp. 20.000.000 per bulan (bisa lebih).

Salah satu contoh lowongan kerja sebagai IT Business Analyst dan gaji yang ditawarkan bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Prospek Kerja Sistem Informasi
Lowongan IT Business Analyst dan Gajinya

Data Analyst

Prospek Kerja Sistem Informasi Data Analyst
Prospek Kerja Sistem Informasi: Data Analyst (shutterstock)

Lulusan Sistem Informasi juga memiliki peluang menjadi seorang Data Analyst.

Data Analyst bertugas mengumpulkan, mengolah, dan menyimpan data tentang angka penjualan, riset pasar, logistik, linguistik, atau apapun sesuai permintaan klien atau perusahaan.

Mereka menggunakan keahlian teknis untuk memastikan kualitas dan akurasi data tersebut, kemudian memproses, merancang, dan menyajikannya dengan baik untuk membantu klien atau perusahaan membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan data tersebut.

Gaji Data Analyst

Rata-rata gaji Data Analyst berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 10.000.000. Contoh lowongan kerja sebagai Data Analyst dan jumlah gaji yang ditawarkan bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Prospek Kerja Sistem Informasi
Lowongan Kerja Data Analyst dan Gajinya

Full Stack Engineer

Prospek Kerja Sistem Informasi Full Stack Engineer
Prospek Kerja Sistem Informasi: Full Stack Engineer (shutterstock)

Prospek kerja Sistem Informasi yang berikutnya adalah menjadi Full Stack Engineer. Seperti apakah jenis profesi Full Stack Engineer?

Full Stack Engineer adalah pengembang perangkat lunak yang menulis kode tidak hanya untuk aplikasi web atau aplikasi seluler front-end (yang diakses pengguna), tetapi mereka juga menulis kode API yang menjadi penghubung, menulis kode server yang berada di belakang (back-end), dan juga menghubungkan aplikasi dengan database.

Gaji Full Stack Engineer

Berapa gaji Full Stack Engineer? Rata-rata gajinya berkisar antara Rp. 8.000.000 hingga Rp. 15.000.000 dan bahkan bisa lebih.

Contoh lowongan kerja sebagai Full Stack Engineer dan jumlah gaji yang ditawarkan bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Prospek Kerja Sistem Informasi IT Business Analyst
Lowongan Kerja Full Stack Engineer dan Gajinya

IT Quality Assurance

Prospek Kerja Sistem Informasi IT Quality Assurance
Prospek Kerja Sistem Informasi: IT Quality Assurance (shutterstock)

Lulusan Sistem Informasi juga sangat ideal untuk terjun di bidang Quality Assurance yang mengkhususkan pada produk atau jasa yang berbasis IT.

Seperti apa deskrisp kerja IT Quality Assurance? Quality Assurance adalah individu atau tim yang bertugas memastikan bahwa produk akhir mematuhi standar kualitas perusahaan.

Di bidang IT, divisi Quality Assurance akan melakukan pengujian perangkat lunak, perangkat keras, dan sistem berjalan dengan baik dan bebas dari kesalahan.

Baca juga: Jurusan Teknik Sipil: Informasi Kuliah dan Prospek Kerja

Gaji IT Quality Assurance

Rata-rata gaji yang didapatkan oleh IT Quality Assurance berkisar antara Rp. 6.000.000 hingga Rp. 10.000.000.

Salah satu contoh lowongan kerja sebagai IT Quality Assurance dan jumlah gaji yang ditawarkan bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Prospek Kerja Sistem Informasi IT Business Analyst
Lowongan Kerja IT Quality Assurance dan Gajinya

Staff IT

Prospek Kerja Sistem Informasi Staff IT
Prospek Kerja Sistem Informasi: Staff IT (shutterstock)

Secara alamiah, lulusan jurusan Sistem Informasi minimal bisa menjadi Staff IT baik di instansi, organisasi maupun perusahaan.

Staff IT adalah orang yang memiliki tugas dan tanggung jawab memberikan dukungan teknis terhadap kelancaran sistem komputer (hardware dan software), jaringan (internet dan intranet), dan memastikan pengguna mendapatkan manfaat maksimal.

Gaji Staff IT

Rata-rata gaji Staff IT saat ini berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 7.000.000. Salah satu contoh lowongan kerja sebagai Staff IT dan jumlah gaji yang ditawarkan bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Lowongan Kerja Staff IT dan Gajinya
Lowongan Kerja Staff IT dan Gajinya

Technopreneur

Prospek Kerja Sistem Informasi Technopreneur
Prospek Kerja Sistem Informasi: Technopreneur (shutterstock)

Peluang lain selain bekerja di perusahaan, lulusan Sistem Informasi juga bisa menjadi seorang Technopreneur.

Apa itu Technopreneur? Technopreneur adalah pengusaha yang memulai dan mengelola bisnis Teknologi Informasi mereka sendiri. Atau bisa dikatakan ini adalah pengusaha atau wirausaha di bidang Teknologi Informasi.

Dengan memiliki usaha sendiri, seorang Technopreneur bisa mendapatkan gaji atau pemasukan yang tentu saja tergantung pada kelancaran usahanya. Semakin berkembang usahanya, tentu saja pendapatannya juga makin berkembang.

Namun tentu saja menjadi Technopreneur memiliki tantangan tersendiri karena membuka jenis usaha sendiri harus mampu menaklukkan berbagai tantangan yang muncul dalam perjalanan bisnisnya.

Dosen IT

Prospek Kerja Sistem Informasi Dosen IT
Prospek Kerja Sistem Informasi: Dosen IT (shutterstock)

Peluang lain yang bisa diambil adalah menjadi Dosen IT. Namun untuk menjadi Dosen dibutuhkan gelar Magister (S2). Jika berminat menjadi Dosen, tentu saja setelah lulus harus melanjutkan kuliah pascasarjana terutama yang linier dengan Sistem Informasi.

Gaji Dosen IT

Berapa gaji menjadi seorang Dosen IT? Rata-rata gaji Dosen IT saat ini berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 10.000.000 per bulan.

Berikut ini salah satu contoh lowongan kerja sebagai Dosen Sistem Informasi dan jumlah gaji yang ditawarkan.

Prospek Kerja Sistem Informasi
Lowongan Dosen Sistem Informasi dan Gajinya

IT Project Manager

Prospek Kerja Sistem Informasi IT Project Manager
Prospek Kerja Sistem Informasi: IT Project Manager (shutterstock)

Dengan pengalaman kerja yang cukup, seorang lulusan Sistem Informasi bisa menjadi IT Project Manager.

IT Project Manager adalah individu yang memiliki tugas dan tanggung jawab memainkan peran utama dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, pengendalian dan penutupan proyek IT.

Mereka bertanggung jawab untuk seluruh ruang lingkup proyek, menentukan tim proyek, menyediakan sumber daya, dan bertanggung jawab dalam keberhasilan atau kegagalan proyek.

Baca juga: Jurusan Aktuaria: Informasi Kuliah dan Prospek Kerja

Gaji IT Project Manager

Gaji IT Project Manager berkisar antara Rp. 10.000.000 hingga Rp. 20.00.000 dan bahkan bisa lebih. Jika sebuah proyek berhasil mencapai target, bisa saja IT Project Manager mendapatkan bonus tambahan sesuai kesepakatan.

Salah satu contoh lowongan kerja sebagai IT Project Manager dan jumlah gaji yang ditawarkan bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Lowongan IT Project Manager dan Gajinya
Lowongan IT Project Manager dan Gajinya

Guru TIK

Prospek Kerja Sistem Informasi Guru TIK
Prospek Kerja Sistem Informasi: Guru TIK (shutterstock)

Lulusan Sistem Informasi juga bisa menjadi tenaga pendidik Guru (baik melalui jalur CPNS atau di sekolah swasta). Namun untuk menjadi Guru, diharuskan mengambil dan memiliki Sertifikat PPG (Pendidikan Profesi Guru).

Gaji Guru TIK

Gaji guru sangat bervariasi tergantung di mana dia bekerja. Jika melalui jalur CPNS, gaji yang diterima sesuai dengan pangkat atau golongan.

Jika mengajar di sekolah swasta, rata-rata gaji Guru TIK berkisar antara Rp. 2.000.000 hingga Rp. 6.000.000 per bulan.

Operator Data Center

Prospek Kerja Sistem Informasi Operator Data Center
Prospek Kerja Sistem Informasi: Operator Data Center (shutterstock)

Jenis pekerjaan apakah Operator Data Center?

Operator Data Center adalah individu atau tim yang memiliki tugas memastikan bahwa mainframe dan komputer berfungsi secara efisien dalam sebuah pusat data. Tugas mereka adalah memastikan bahwa server jaringan berjalan dengan baik, dan perlu mengeskalasi masalah yang dihadapi.

Apa yang dimaksud dengan data center? Data center adalah fasilitas khusus yang dioperasikan dengan komputer dan jaringan untuk mengatur, memproses, menyimpan, dan mendistribusikan data.

Gaji Operator Data Center

Berapa gaji yang bisa didapatkan oleh Operator Data Center? Rata-rata gaji Operator Data Center saat ini berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 10.000.000.

Berikut ini adalah salah satu contoh lowongan kerja sebagai Operator Data Center dan jumlah gaji yang ditawarkan.

Prospek Kerja Sistem Informasi IT Project Manager
Lowongan Kerja Operator Data Center dan Gajinya

SEO Specialist

Prospek Kerja Sistem Informasi SEO Specialist
Prospek Kerja Sistem Informasi: SEO Specialist (shutterstock)

Prospek kerja lulusan Sistem Informasi yang berikutnya adalah menjadi SEO Specialist.

Apa itu SEO Specialist? SEO Specialist adalah individu atau tim yang bertanggung jawab untuk menganalisis, meninjau, dan mengimplementasikan serta mengoptimalkan situs web agar tampil di peringkat atas mesin penelusuran.

SEO Specialist melakukan berbagai metode pengujian dalam desain, tata letak, dan teknik periklanan untuk mendapatkan lalu lintas baik organik maupun berbayar.

Baca juga: Jurusan Fisika: Informasi Kuliah dan Prospek Kerja

Gaji SEO Specialist

Dunia internet yang saat ini makin berkembang sangat membutuhkan jasa SEO Specialist. Banyak perusahaan atau organisasi berani membayar mahal kemampuan SEO Specialist.

Rata-rata gaji SEO Specialist saat ini berkisar antara Rp. 8.000.000 hingga puluhan juta per bulan. Salah satu contohnya bisa dilihat di lowongan kerja berikut ini.

Prospek Kerja Sistem Informasi IT Project Manager
Lowongan Kerja SEO Specialist dan Gajinya

Content Creator

Prospek Kerja Sistem Informasi Content Creator
Prospek Kerja Sistem Informasi: Content Creator (shutterstock)

Content Creator adalah individu atau tim pembuat konten yang bertugas mempromosikan produk dan layanan perusahaan melalui berbagai media seperti situs web, media sosial, materi pemasaran, dan platform lainnya.

Gaji Content Creator

Gaji Content Creator saat ini berkisar antara Rp. 7.000.000 hingga Rp. 10.000.000 per bulan dan bahkan bisa lebih.

Prospek Kerja Sistem Informasi IT Project Manager
Lowongan Kerja Content Creator dan Gajinya

Graphic Designer

Prospek Kerja Sistem Informasi Graphic Designer
Prospek Kerja Sistem Informasi: Graphic Designer (shutterstock)

Graphic Designer adalah individu yang memiliki tugas membuat poster, situs web, logo, brosur, majalah, dan berbagai materi lainnya untuk menggambarkan ide dan informasi secara visual.

Dalam pekerjaannya, Graphic Designer menggunakan komputer atau menggambar menggunakan tangan secara langsung.

Gaji Graphic Designer

Rata-rata Graphic Designer saat ini berkisar antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 7.000.000 per bulan.

Prospek Kerja Sistem Informasi IT Project Manager
Lowongan Kerja Graphic Designer dan Gajinya

Copywriter

Prospek Kerja Sistem Informasi Copywriter
Prospek Kerja Sistem Informasi: Copywriter (shutterstock)

Prospek kerja Sistem Informasi yang berikutnya adalah menjadi Copywriter. Pekerjaan jenis apakah Copywriter ini?

Copywriter adalah individu atau tim yang bertanggung jawab untuk menghasilkan teks yang menarik dan jelas untuk berbagai saluran periklanan seperti situs web, iklan cetak, dan katalog.

Tugas mereka termasuk meneliti dan mencari kata kunci, menghasilkan konten tertulis yang menarik dan terus meningkatkan kualitas pekerjaan mereka.

Gaji Copywriter

Berapa gaji Copywriter?

Rata-rata gaji Copywriter saat ini berkisar antara Rp. 4.000.000 hingga Rp. 8.000.000 dan bahkan bisa lebih. Berikut ini salah satu contoh lowongan kerja sebagai Copywriter dan jumlah gaji yang ditawarkan.

Prospek Kerja Sistem Informasi IT Project Manager
Lowongan Kerja Copywriter dan Gajinya

Application Support

Prospek Kerja Sistem Informasi Application Support
Prospek Kerja Sistem Informasi: Application Support (shutterstock)

Application Support adalah individu atau tim yang memiliki tugas memberikan dukungan aplikasi seperti mengawasi instalasi dan melakukan pemeliharaan aplikasi perangkat lunak.

Tugas mereka termasuk mengoptimalkan kinerja aplikasi perangkat lunak, menginstal pembaruan, dan melakukan prosedur debugging (mencari kesalahan aplikasi dan melaporkan ke developer utama).

Gaji Application Support

Berapa gaji yang bisa didapatkan oleh Application Support? Rata-rata gaji Application Support berkisar antara Rp. 5.000.000 hingga Rp. 20.000.000.

Salah satu contoh lowongan pekerjaan sebagai Application Support dan jumlah gaji yang ditawarkan bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Prospek Kerja Sistem Informasi IT Project Manager
Lowongan Kerja Application Support dan Gajinya

Kesimpulan

Jurusan kuliah Sistem Informasi adalah jurusan kuliah berbasis Teknologi Informasi yang bisa menjadi pilihanmu ketika berkuliah. Prospek kerjanya sangat luas dan ilmu yang didapatkan bisa diterapkan di berbagai bidang.

Selain bekerja, lulusan Sistem Informasi juga bisa membuka usaha sendiri di bidang Teknologi Informasi sesuai dengan kemampuan bidang yang dikuasainya.

Jika kamu saat ini sedang memilih dan mempertimbangkan jurusan kuliah mana yang akan diambil, atau bahkan saat ini mungkin sudah kuliah Sistem Informasi, semoga artikel ini bisa memberikan gambaran untuk masa depan.

Lulusan Teknik Informatika yang sudah terjun di dunia internet sejak 2002. Memiliki passion dalam dunia teknologi informasi, internet, gadget, dan teknologi pada umumnya.