8 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Paling Mudah

Tentu saja sangat menyebalkan ketika sinyal WiFi yang kita gunakan sangat lemah. Koneksi yang buruk akan menghambat produktivitas kita.

Kekuatan sinyal WiFi dipengaruhi berbagai faktor. Berikut inilah beberapa cara memperkuat sinyal Wifi yang bisa Anda terapkan.

Sinyal WiFi yang buruk tentu saja akan menghambat aktivitas yang menggunakan akses internet. Hal-hal yang membutuhkan koneksi internet lancar seperti streaming, download, upload, presentasi online, dan online meeting tentu akan tersendat-sendat.

Ada berbagai faktor yang mempengaruhi kekuatan sinyal Wifi. Apa saja faktor tersebut?

  • Kualitas router: router WiFi dirancang dengan kekuatan daya pancar yang terbatas. Beberapa router dibuat seminimalis mungkin agar harganya terjangkau namun memiliki sebaran sinyal yang pendek
  • Interfensi: sinyal WiFi memiliki pita frekuensi yang sama dengan beberapa perangkat yang menggunakan spektrum elektromagnetik seperti ponsel, walkie talkie, oven microwave, dan beberapa perangkat lainnya. Semua frekuensi ini dapat saling mengganggu terutama di area yang padat penduduk
  • Hambatan: dinding, furnitur, peralatan rumah tangga, dan bahkan manusia bisa menjadi hambatan penyebaran sinyal WiFi. Sinyal WiFi dengan frekuensi tinggi diketahui tidak dapat menembus benda padat
  • Kapasitas bandwidth: terkadang masalahnya bukan pada sinyal WiFi yang lemah, tetapi karena kapasitas bandwidth yang didapatkan dari provider yang terlalu rendah.

Bagaimana Cara Memperkuat Sinyal WiFi?

1. Tambahkan Wifi Repeater/Extender

Cara Memperkuat Sinyal Wifi
WiFi Extender

Cara pertama dan paling simpel adalah dengan menambahkan perangkat bernama WiFi repeater, extender, atau penguat sinyal WiFi.

Alat ini berfungsi menangkap sinyal dari router WiFi Anda dan menyebarkan kembali sebagai jaringan baru. Meski jaringan baru, namun jaringan ini hanyalah perpanjangan dari jaringan utama Anda, dan semua data yang melewatinya juga tetap melalui jaringan utama.

Alat seperti ini dirancang memiliki jangkauan sinyal yang lebih besar. Pemasangannya juga mudah dan tidak memerlukan keahlian jaringan internet. Beberapa WiFi extender sudah disediakan tombol WPS untuk mengoperasikan alat ini.

Harga WiFi extender atau repeater juga sangat terjangkau. Rata-rata dijual mulai Rp 150.000 sudah memiliki kualitas yang baik.

Jika bangunan Anda berkelok-kelok dengan tembok tebal, Anda bisa menempatkan beberapa WiFi extender di tempat-tempat tertentu agar sinyal bisa menyebar dengan rata tanpa hambatan.

2. Merubah DNS

DNS atau Domain Name System berfungsi untuk mengubah nama domain (contohnya google.com) menjadi alamat IP (64.233.160.0).

Biasanya, beberapa perangkat modem atau router WiFi sudah diisi pengaturan DNS standar milik ISP yang Anda gunakan.

Salah satu trik untuk meningkatkan pemuatan atau loading internet adalah berganti menggunakan DNS yang dikenal lebih cepat.

Cara Memperkuat Sinyal Wifi
Setting DNS di router WiFi

Dikutip dari lifewire.com, DNS tercepat saat ini adalah milik Cloudflare (1.1.1.1). Cara mengganti DNS di modem atau router WiFi adalah:

  1. Login atau masuk ke pengaturan router Anda
  2. Cari pengaturan yang terkait dengan LAN (Local Area Network), DHCP, atau Network, cari pengaturan Primary DNS Server dan Secondary DNS Server. Pada bagian primary masukkan 1.1.1.1 dan pada secondary bisa diisi DNS milik Google (8.8.8.8)
  3. Simpan dan restart router Anda.

Kalau Anda tidak bisa mengganti DNS di router Anda, kemungkinan besar opsi tersebut dikunci oleh ISP Anda.

Catatan: langkah ini tidak berhubungan dengan menguatkan sinyal WiFi, namun lebih pada upaya untuk mempercepat loading internet.

3. Mengganti Frekuensi ke 5 GHz

Cara Memperkuat Sinyal Wifi
Pengaturan frekuensi atau band di router (tp-link.com)

Kalau router Anda memiliki pengaturan frekuensi 5 GHz, Anda bisa mencoba menggunakan frekuensi ini.

Frekuensi 5 GHz memberikan kecepatan data yang lebih cepat pada jarak yang lebih pendek dan biasanya jauh lebih tidak sibuk daripada frekuensi nirkabel 2,4 GHz.

Namun kelemahan dari frekuensi 5 GHz adalah tidak dapat menembus benda padat sebaik frekuensi 2,4 GHz. Ini bisa menjadi masalah di gedung perkantoran dan perumahan, jadi disarankan untuk selalu menggunakan 5 GHz bersamaan dengan 2,4 GHz.

Bagaimana mengetahui apakah router didukung frekuensi 5 GHz?

Silahkan login ke router WiFi dan pada bagian pengaturan WLAN carilah yang menunjukkan semacam channel width, band, dan semacamnya. Jika ada pilihan 5 GHz, maka router Anda bisa menggunakannya. Silahkan dicoba untuk menggunakan frekuensi tersebut.

4. Ganti Perangkat Router WiFi

Ketika sinyal WiFi lemah dan sudah tidak dapat diperbaiki, salah satu cara memperkuat sinyal WiFi adalah beralih ke perangkat baru dengan teknologi WiFi terbaru.

Teknologi WiFi terbaru seperti IEEE 802.11ac tentu saja jauh lebih superior dibandingkan dengan perangkat yang masih mendukung IEEE 802.11b, g, dan semacamnya.

Ketika Anda ingin membeli perangkat router WiFi, pastikan spesifikasinya memiliki dukungan IEEE 802.11ac. Namun untuk menggunakan teknologi ini, perangkat yang Anda gunakan seperti smartphones juga harus mendukung teknologi tersebut.

5. Merubah Channel

Router WiFi secara standar memiliki fitur untuk merubah channel atau saluran WiFi. Contoh untuk menggambarkannya adalah seperti ini, bayangkan jalur di jalan raya.

Ada beberapa jalan yang bisa dipilih, namun secara default, router biasanya akan mengatur frekuensi berada di jalan ke 1.

Cara Memperkuat Sinyal Wifi
Konfigurasi merubah frekuensi channel di router WiFi

Jika dalam 1 rumah memiliki beberapa perangkat yang menempati frekuensi yang sama, hal ini menyebabkan kemacetan lalu lintas WiFi karena terlalu banyak paket yang mencoba mengemudi di jalur yang sama.

Bagaimana kita tahu channel mana yang frekuensinya “sepi”?

Cara paling simpel adalah dengan mencoba satu persatu channel-channel tersebut (cara lebih akurat membutuhkan bantuan peralatan khusus seperti NetSpot). Silahkan login ke router dan rubah channel yang digunakan.

6. Ganti Antenna Router

Cara memperkuat sinyal WiFi yang berikutnya adalah dengan mengganti atau menambahkan antenna external. Namun cara ini hanya bisa diterapkan di perangkat router yang memiliki port untuk antenna external atau antenna standar pabrikan bisa dilepas dan diganti secara mandiri.

Sebagian besar router WiFi dilengkapi dengan antena kecil yang lemah. Antenna external dengan sinyal yang lebih kuat rata-rata ukurannya lebih besar dari antenna bawaan pabrikan.

Jika Anda tidak keberatan dengan ukurannya, antenna WiFi external yang kuat adalah solusi terbaik untuk memperkuat sinyal WiFi tanpa harus membeli router WiFi baru.

7. Update Firmware

Cara Memperkuat Sinyal Wifi
Firmware update router WiFi (huawei.com)

Pastikan firmware atau software router WiFi yang digunakan adalah yang terbaru. Beberapa perangkat router bisa melakukan update secara otomatis namun perangkat lain harus melakukan update manual dengan mengunggah file.

Baca juga: Apa Itu Bottleneck Pada Komputer dan Jaringan?

8. Pindah Posisi Router

Agar penyebaran sinyal yang lebih bagus dan merata, tempatkan atau pindah router WiFi di posisi yang terbuka, tinggi, dan bebas dari hambatan.

Jangan menempatkan WiFi di bawah meja atau di ujung ruangan yang sempit. Terkadang beberapa orang menempatkan perangkat router WiFi di atas meja yang berjejeran dengan tumpukan barang-barang.

Jika router Anda tersembunyi dari pandangan, pindahkan ke tempat terbuka untuk mengurangi jumlah permukaan yang harus dilalui sinyal. Coba letakkan lebih tinggi, baik di atas furnitur atau di ruangan di lantai atas rumah.

Kesimpulan

Rata-rata sinyal WiFi yang lemah disebabkan oleh beberapa hal utama seperti:

  • Penempatan router yang kurang strategis
  • Perangkat yang sudah mengalami penurunan performa
  • Kondisi bangunan yang memiliki banyak halangan dan membatasi sinyal.

Jika sinyal WiFi di lingkungan Anda lemah, perhatikan juga kondisi lingkungan sekitar Anda. Lingkungan yang padat dan banyaknya intervensi bisa membatasi persebaran sinyal WiFi.

Untungnya ada beberapa cara untuk memperkuat sinyal WiFi seperti yang sudah disebutkan di atas. Sebelum Anda memutuskan pada akhirnya membeli perangkat router baru atau tambahan extender, Anda bisa mencoba beberapa cara yang tidak melibatkan pembelian alat baru.

Namun jika sudah mencoba beberapa cara memperkuat sinyal WiFi dengan melakukan modifikasi konfigurasi masih belum mengalami perubahan, maka mungkin sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk menambah atau membeli perangkat baru.

Lulusan Teknik Informatika yang sudah terjun di dunia internet sejak 2002. Memiliki passion dalam dunia teknologi informasi, internet, gadget, dan teknologi pada umumnya.